Alat Pendeteksi Ketinggian pada Truk Bermuatan Lebih untuk Melewati Jalur Terowongan Jembatan Kereta Api Berbasis Mikrokontroler Atmega16

achmad ridhoi

Abstract


Penelitian ini memanfaat Sensor Ultrasonik HC-SR05 untuk menghasilkan gelombang ultrasonik, guna mendeteksi tinggi kendaraan yang akan melewati jembatan kereta api. Mikrokontroller atmega 16 berfungsi sebagai pengendali, penyimpan data dari sistem yang dikembangkan, dengan bahasa pemrograman C. Keakuratan pengukuran diperlihatkan dengan tingkat kesalahan 0,04%, sebagai alat pendeteksi ketinggian pada kendaraan bermuatan lebih dapat dikembangkan dengan memanfaatkan kamera, penambahan alarm sehingga pengemudi kendaraan mengetahui batas tinggi kendaraan, juga dapat ditambahkan metode jaringan saraf tiruan guna lebih meningkatkan performa dari sistem yang dikembangkan. Kata Kunci: kendaraan, tinggi, sensor ultrasonik, mikrokontroler atmega 16.

Full Text:

PDF

References


Aji, M. D. (2017). Simulasi Parkir Menggunakan Ultrasonik Sensor Pada Proteus. Pasuruan, Jawa Timur Indonesia: UMSIDA.

Andrianto, H. (2008). Buku Panduan Pelatihan Mikrokontroller AVR atmega 16. UK : Maranatha.

Hainudin, P. (2004). Perancangan perangkat monitoring kadar keasaman (pH) Air pada pembenihan Ikan kerapu macan. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Hani, S. (2010). Sensor ultrasonik SRF05 sebagai pemantau kecepatan kendaraan bermotor. Jurnal Teknologi, 120-128.

Sasongko, B. H. (2016). Pemrograman Mikrokontroller dengan bahasa C. Jogjakarta: Andi Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats