Perancangan Alat Pengering Gabah Berbasis PLC

puji slamet

Abstract


Padi merupakan salah satu hasil utama pertanian Negara Indonesia, musim saat ini yang tidak menentu mengakibatkan permasalahan dalam pengeringan padi/ gabah, walaupun saat ini sudah ada alat pengering gabah dengan bantuan pemanasan dari proses pembakaran yang bisa menimbulkan pencemaran udara, dan alat itupun masih jarang dimiliki oleh para petani. Oleh sebab itu peneliti ingin merancang pengering gabah yang bisa dipakai kapanpun, dengan proses pengeringan menggunakan konversi energi listrik menjadi panas sebagai penghasil udara panas dan alat yang lebih otomatis menggunakan PLC sebagai otak pemrogramannya. Alat pengering gabah berbasis PLC ini berdiameter 40 cm sebagai tabung pengering, dan heater pemanas udara sebagai penghasil udara panas. Gabah dalam tabung pengering akan diaduk selama proses pengeringan dengan pengaduk berbentuk baling – baling, agar gabah bisa merata selama pengeringan. Kapasitas alat 3 – 5 Kg, lama pengeringan dan juga suhu pengeringan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Bila pengaturan waktu lama pengeringan sudah terpenuhi maka pintu output gabah akan membuka secara otomatis dengan bantuan pintu sliding yang digerakkan dengan motor dc. Pada pengujian alat yang telah dilakukan, alat mampu mengurangi kadar air gabah rata – rata hingga 2,4 % per jamnya, pada setingan suhu pemanasan 35˚C - 45˚C dan kapasitas 3 – 5 Kg. Untuk biaya pengeringan pada suhu tersebut adalah ± Rp 195,- / Kg tiap 1 jam, dengan asusmi harga listrik per KWh nya adalah Rp 1500,-. Kata Kunci: PLC, heater, kadar air gabah.

Full Text:

PDF

References


Arindya, Radita. 2013. Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir, Abdul. 1980. Mesin Arus Searah. Jakarta: Djambatan.

SNI 6128. 2008. Beras. Jakarta: BSN.

Suprapti, Niken. 2016. Sistem Kontrol Pengaduk pada Alat Pengering Gabah Berbasis Mikrokontroler Atmega 8. Skripsi. FMIPA, Program Studi Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Teknik Elektronika. 2017. Pengertian Power Supply dan Jenis – jenisnya. Diakses dari http://teknikelektronika.com/pengertian-power-supply-jenis-catu-daya/, pada tanggal 17 Juli 2017, 21.00 WIB.

Wicaksono, Handy. 2009. Programmable Logic Controller – Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, Andreas. “Pengering Jagung Cerdas.” YouTube. YouTube, LLC, 10 Juni 2010. Web. 23 Februari 2017. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats