LABORATORIUM CNC BERBASIS SIMULASI SOLUSI CERDAS AKAN KEBUTUHAN LABORATORIUM BAGI SMK PINGGIRAN YANG BERKETERBATASAN FINANSIAL

  • Asmungi Asmungi Teknik Industri Untag Surabaya
  • Pungkas Wismantoro Teknik Industri Untag Surabaya

Abstract

Pendidikan dengan tingkat ketrampilan yang tinggi menjadi ciri utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Oleh karena itu keberadaan laboratorium sangat mutlak. Namun bagi SMK pinggiran dengan jurusan Mesin Perkakas yang berketerbatasan finansial, pengadaan laboratorium sangat memberatkan. Ratusan juta harus disediakan hanya untuk membeli mesin CNC. Simulator CNC adalah program simulasi komputer mesin CNC yang berkualitas tinggi. Dari aspek keuangan, simulator ini harganya sangat murah namun dalam hal kemampuannya jauh melebihi syarat minimal kebutuhan SMK. Sebagai media pembelajaran, penggunaan simulator CNC memberikan kelebihan dibanding dengan penggunaan mesin CNC. Dengan menggunakan analisa skala Likert untuk data kualitatif akhirnya dapat diketahui bahwa secara meyakinkan guru dan siswa mengaku puas dan bisa menerima simulator CNC dipakai sebagai media pembelajaran di laboratorium. Sementara itu dengan uji kesamaan µ diketahui bahwa dengan simulator CNC mampu menaikan prestasi akademik (nilai tes) sebesar 30% untuk siswa dan 13.3% untuk guru. Dan dari aspek keuangan ternyata penggunaan simulator CNC mampu menekan biaya operasional laboratorium sebesar 95.8%. Kata kunci: laboratorium, simulator CNC, SMK pinggiran, keterbatasan finansial

References

Asmungi dan G. Kusnanto. 2016. Menyiasati Ketimpangan di Bidang Permesinan

CNC Antara Dunia Pendidikan dan Dunia Industri. Jurnal Teknik

Industri Heuristic.13(2): 30-38.

Bowker A. H. dan G. J. Lieberman. 1972. Engineering Statistics, New rrgJersey:

Prentice-Hall Inc.

Darma, K. B. S. 2014. Perkembangan Mesin CNC di Dunia Industri, tugas akhir,

Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja https://www.academia.edu/

/PERKEM-BANGAN_ME-SIN_CNC_d_dunia_industri. 10 September

(14:12).

Djojonegoro W. 1999. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah

Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Balai Pustaka.

GSK Equipment ltd. 2006. GSK CNC Equipment Guide, Ghuangzou.

Heru. 2010. Arti dan Tujuan Praktikum. http://heru-id.blogspot.co.id/2010/01/arti-dantujuan-praktikum.html.

Januari 2016 (12:20).

Likert dan Rensis. 1932. A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of

Psychology.

Matsusita. 2008. Mitsubishi Based CNC Programming. Tokyo.

Plimbi, 2013. Berapa Watt-kah Kebutuhan Daya Listrik Komputer Anda?. http://www.

plimbi. com/article/28491/daya-listrik-komputer-berapa-watt-kebutuhan. 24

Januari 2016 (12:25)

Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran, cetakan ke tujuh, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Setiawan E. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/praktikum, 24

Januari 2016 (12:50).

Wuensch dan L. Karl. 2005. What is a Likert Scale? And How Do You Pronounce

'Likert?. East Carolina University.

Published
2017-10-19
How to Cite
Asmungi, A., & Wismantoro, P. (2017). LABORATORIUM CNC BERBASIS SIMULASI SOLUSI CERDAS AKAN KEBUTUHAN LABORATORIUM BAGI SMK PINGGIRAN YANG BERKETERBATASAN FINANSIAL. Heuristic, 14(02). https://doi.org/10.30996/he.v14i02.1171
Section
Articles