STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ROTAN BALEARJOSARI MALANG DENGAN METODE KLASTER DIAMOND

  • Rr. Rattih Poerwarini Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknik Malang
  • Rony Roesdianto Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknik Malang
Keywords: Daya Saing, Klaster Diamond, Rotan, UMKM

Abstract

UMKM rotan di wilayah Balearjosari Malang, saat ini perkembangannya mengalami penurunan jumlah pengrajin rotan hingga 75%. Pengrajin juga kesulitan mendapatkan bahan baku yang sebenarnya dapat diperoleh di dalam negeri. Permasalahan ini mengakibatkan lemahnya jaringan usaha, keterbatasan kemampuan penetrasi pasar dan diversifikasi pasar, skala ekonomi terlalu kecil sehingga sukar menekan biaya, marjin keuntungan sangat kecil, dan lebih jauh lagi UMKM rotan di wilayah Balearjosari Malang tidak memiliki daya saing. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor penyebab terhambatnya pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Rotan Balearjosari dan mendapatkan strategi daya saing dengan menggunakan metode Klaster Diamond. Hasil penelitian yang didapatkan adalah a) Faktor yang menyebabkan terhambatnya daya saing UMKM rotan di Balearjosari Malang Jawa Timur adalah: pemasaran, operasional, sumber daya manusia, jumlah pesaing dan inovasi produk pesaing, kondisi pesaing yang sangat ketat, tuntutan produk yang berkualitas, pesaing gencar melakukan promosi, meningkatnya harga bahan baku, penurunan ketersediaan bahan baku, b) Rumusan strategi peningkatan daya saing adalah menciptakan peluang-peluang pasar yang baru, langkah-langkah pengrajin UMKM untuk menghadapi persaingan dan upaya pengrajin agar permintaan produknya meningkat.

References

Kristianto, Samuel, 2013. Analisis Efisiensi Usaha Dan Implikasinya Terhadap Keberlangsungan Sektor Industri Rotan Balearjosari Malang (Studi kasus pada industry kecil rotan di Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Malang). Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Porter, Michael. E., 1994. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahan kan Kinerja Unggul. Binarupa Aksara, Jakarta.

Rau, Anneke, 2014. Analisis Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Ilmiah Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Damanik, Janianton, 2013. Pariwisata Indonesia:Antara Peluang dan Tantangan. Penerbit, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rangkuti Freddy, 2013, Business Plan: Teknik membuat Perencanaan Bisnis & Analisis Kasus, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Published
2020-10-31
How to Cite
Poerwarini, R. R., & Roesdianto, R. (2020). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ROTAN BALEARJOSARI MALANG DENGAN METODE KLASTER DIAMOND. Heuristic, 17(2), 95-106. https://doi.org/10.30996/heuristic.v17i2.4649
Section
Articles