ANALISIS KEGAGALAN PEMBUATAN PRODUK BAN SEPEDA MOTOR TIPE 80/90 14 NR 76 E MARK DENGAN METODE PFMEA (PROCESS FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS) DI PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

  • Henri Ponda Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fadilah Fatma Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Helmi Fauzi Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Ban Sepeda Motor, Detection, Kualitas, Occurance, PFMEA, Severity

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) peningkatan populasi sepeda motor di Indonesia khususnya jenis motor matic setiap tahunnya tumbuh dengan pesat, hal ini berdampak pula dengan peningkatan permintaan akan ban motor. Seluruh produsen ban sepeda motor memiliki kendala dalam proses produksinya, permasalahan tersebut juga dialami oleh PT. Gajah Tunggal Tbk. Untuk dapat mengurangi kegagalan-kegagalan dalam pembuatan ban sepeda motor diperlukan suatu Analisa secara mendalam penyebab kegagalan tersebut dapat terjadi. FMEA (Failure Modes and Effects Analysis) merupakan metode yang sistematis dan proaktif dalam mengevaluasi suatu proses untuk mengidentifikasi dimana dan bagaimana proses itu mungkin mengalami kegagalan serta untuk menilai dampak relatif dari berbagai kegagalan. Berdasarkan hasil Analisa PFMEA diperoleh dua permasalahan yang memiliki risk priority number (RPN) terbesar yaitu proses pemasangan tread dengan RPN 648 dan proses turn up ply kiri dan kanan RPN sebesar 576. Dikarenakan dua proses tersebut sebagai RPN terbesar, manajemen harus fokus untuk melakukan tindakan perbaikan agar dua proses tersebut dapat berjalan dengan baik. 

References

FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA). (2021, June 14). Retrieved from LEARN ABOUT QUALITY: https://asq.org/quality-resources/fmea

FMEA Handbook 1st Edition. (2019). Michigan: AIAG.

Ponda, H., & Fatma, N. F. (2021). PENERAPAN CORE TOOLS INTERNATIONAL AUTOMOTIVE TASK FORCE (IATF 16949:2016) PADA INDUSTRI NON OTOMOTIF. Yogyakarta: CV. Sulur Pustaka.

Rachman, A., Adianto, H., & Liansari, G. P. (2016). PERBAIKAN KUALITAS PRODUK UBIN SEMEN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN FAILURE TREE ANALYSIS DI INSTITUSI KERAMIK. Reka Integra, 24-35.

Published
2021-04-30
How to Cite
Ponda, H., Fatma, N., & Fauzi, H. (2021). ANALISIS KEGAGALAN PEMBUATAN PRODUK BAN SEPEDA MOTOR TIPE 80/90 14 NR 76 E MARK DENGAN METODE PFMEA (PROCESS FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS) DI PT. GAJAH TUNGGAL TBK. Heuristic, 18(1), 1-16. https://doi.org/10.30996/heuristic.v18i1.5325
Section
Articles