PENGARUH RETIBUSI PASAR DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAEERAH (PAD) DI KOTA SURABAYA

bambang wiwoho, Marsudi Margo Utomo

Abstract


This study makes an analysis of the effect of market levies and advertisement taxes on local revenue (PAD) of Surabaya. In this study, the samples taken are market retribution and advertisement taxes from 2010 to 2014. The independent variables used in this study are market levies and advertisement taxes. While the dependent variable or dependent variable is the original revenue area (PAD). The analysis technique used is multiple regression technique with SPSS 20.0 for windows. Testing simultaneously by using t test found that significant value of 0.000 <0.05 then the variable of market levy affect the local revenue (PAD) of Surabaya and t test in get that significant value of 0.00 <0.05 then the variable tax advertisement affects the local revenue (PAD) of Surabaya. The value of R2 obtained by 0.673 means 67.3% shows the value of 67.3% of local revenue (PAD) of Surabaya City influenced by market and advertisement taxes while 32.7% of indigenous regions (PAD) Surabaya City is influenced by other variables which was not meticulously in this study.

 

Keywords: GRDP, Minimum Wage, Unemployment Rate.

Full Text:

PDF

References


Arini Chandra Saktiani (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Jembrana

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta

Devas 2013, Pelaksanaan Otonomi Luas dan Isu Federalisme Sebagai Suatu Alternatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Falilla Amalia (2009) Pengaruh Jumlah Industri, Jumlah Penduduk Dan PDRB Terhadap Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Yogyakarta

Hartono, 2010, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Indonesia, (surabaya: Bayumedia,

Mardiasmo, 2009, Perpajakan, ANDI, Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah. 2004.Surabaya: Diperbanyak oleh CV. Duta Nusindo.

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah

Undang – Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009, Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, akses 13 Juni 2012 < http://djkd.depdagri.go.id/download.php?namafile=46_1.pdf&jenis=produkhukum >

Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Peraturan Daerah Kota Surabaya, Nomor 4 Tahun 2011, Tentang Pajak Daerah, akses 25 Juli 2012, 21:17,

Peraturan Daerah Kota Surabaya, Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame dan Pajak Reklame, akses 25 Mei 2016, 21:25,

Peraturan Daerah Kota Surabaya, Nomor 12 Tahun 2008, Tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, akses 15 Juni 2012, 13:59, < Ihttp://www.surabaya.go.id/regulasi/detail.php?catid=&id=25 >

Peraturan Walikota Surabaya, Nomor 1 Tahun 2011, Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 85 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Penyelanggaraan Reklame, akses 25 Juli 2012, 21:23,

Peraturan Walikota Surabaya, Nomor 1 Tahun 2011, Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 85 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Penyelanggaraan Reklame, akses 25 Juli 2012, 21:23, < http://jdih.surabaya.go.id /pdfdoc/perwali_535.pdf >

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintah Daerah, akses 30 Juli 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by: Google Scholar, PKP Index, Garuda, Index Copernicus International, DOAJ (Under Process), SHERPA RoMEO (Under Process) ISSN: 2503-4634