ANALISIS PENERAPAN GAME-BASED STUDENT RESPONSE SYSTEM PADA FLIPPED CLASSROOM BIOLOGI SMAN 5 PAMEKASAN

Keywords: educational technology, kahoot, flipped classroom

Abstract

Flipped Classroom merupakan macam educational technology dimana seorang peserta didik diharuskan untuk belajar dan melakukan proses belajar dari rumah, sehingga kegiatan yang seharusnya dilakukan di sekolah adalah diskusi antar teman, guru dan mengerjakan tugas sehingga siswa dapat tumbuh berkembang dengan baik. Pandemi yang terjadi pada tahun 2020 yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah, membuat para tenaga pendidik menyusun strategi dan memilih media pembelajaran yang baik untuk tercapainya tujuan belajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah game pembelajaran yang selanjutnya disebut Game-Based Student Response System dibuat menggunakan Kahoot! dan Teknologi flash player menggunakan bahasa pemograman berbasis Android, Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pembelajaran pada dua kelompok (group) peserta didik yaitu control group dan experimental group menggunakan metode Analisa ANCOVA untuk mengetahui efek dan manfaat penggunaan media pembelajaran pada flipped classroom biologi SMAN 5 Pamekasan

Author Biographies

Soekir Basiriyah, SMAN 5 Pamekasan
Biologi
Indah Listiowarni, Universitas Madura
Teknik Informatika
Andrey Kartika Widhy Hapantenda, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Teknik Informatika

References

Winarti, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Multimedia Dan Metode Flipped Classroom Pada Proses Pembelajaran Pemrograman API,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan komunikasi-semantikom, pp. 17–24, 2017.

S. Y. Tao, Y. H. Huang, and M. J. Tsai, “Applying the Flipped Classroom with Game-Based Learning in Elementary School Students’ English Learning,” Proc. - 5th Int. Conf. Educ. Innov. through Technol. EITT 2016, pp. 59–63, 2017, doi: 10.1109/EITT.2016.19.

N. P. Dewi and I. Listiowarni, “Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 124–130, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i2.885.

W. C. Hsu and H. C. K. Lin, “Impact of Applying WebGL Technology to Develop a Web Digital Game-Based Learning System for Computer Programming Course in Flipped Classroom,” Proc. - 5th Int. Conf. Educ. Innov. through Technol. EITT 2016, no. 2004, pp. 64–69, 2017, doi: 10.1109/EITT.2016.20.

H. H. Tsai, J. Y. Peng, C. T. Chang, P. T. Yu, and K. C. Chiou, “Applying an eBook Tool with Lecturing Function and a Game-Based Student Response System in Flipped Classroom for a Seminar Course,” Proc. - 2016 Int. Symp. Educ. Technol. ISET 2016, pp. 75–79, 2016, doi: 10.1109/ISET.2016.21.

P. O. Zunita, “Efektifitas Model Discovery Learning Dan Guided Discovery Ditinjau Dari Ketrampilan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Hasil Belajar,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 1, no. 3, pp. 268–278, 2018, doi: 10.23887/jlls.v1i3.15013.

S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 22–26, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19336.

M. A.-A. Ismail and J. A.-M. Mohammad, “Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education,” Educ. Med. J., vol. 9, no. 2, pp. 19–26, 2017, doi: 10.21315/eimj2017.9.2.2.

Published
2020-10-17
Section
Articles