PERBAIKAN CITRA DENGAN NOISE MISSING BLOCK MENGGUNAKAN IMPLEMENTASI ALGORITMA PROJECTION ONTO CONVEX SETS (POCS)

Dwi Harini Sulistyawati, Heri Setyo Utomo

Abstract


Ketajaman kualitas gambar sangat diperlukan untuk melihat dan mengamati gambar dengan jelas tanpa gangguan seperti blur atau noise. Dalam proses pengiriman atau penyimpanan, gambar dapat terganggu dalam bentuk kerusakan pada bagian-bagian tertentu yang hilang atau blok-blok piksel, kerusakan ini adalah bentuk utama dari kesalahan dalam suatu gambar. Jadi dengan mengimplementasikan algoritma rekonstruksi citra Projection Onto Convex Sets (POCS) pada domain Discrete Cosine Transform (DCT) untuk meningkatkan citra, terutama gambar yang mengalami kerusakan pada beberapa bagian yang hilang atau blok piksel. Untuk blok proses pemulihan ada beberapa langkah yang harus diambil termasuk deteksi garis, pembacaan jendela di sekitarnya dan vektor pemulihan. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat digunakan untuk pemulihan blok POCS dan nilai-nilai piksel yang sesuai dengan blok warna di sekitar blok. Pengukuran nilai kesalahan citra menggunakan Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR).

Full Text:

PDF

References


Balza Acmad, Ir., M.Sc.E, Kartika Firdausy, S.T., M.T., ”Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi”, Ardi Publishing, Yogyakarta, 2005.

Basuki A dan Palandi F J dan Fatchurrochman, 2005, Pengolahan Citra Digital menggunakan Visual Basic, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Gonzales C R dan Woods E R, 1992, Digital Image Processing, Addison-Wesley Publishing Company, United States of America.

Idhawati Hestiningsih “Pengolahan Citra”. http://idhaclassroom.com/2007/09/15/artikel-terbaru/ pengolahan-citra.html.

Jiho Park, Dong-Chul Park, R.J. Marks II, M.A. El-Sharkawi, “Block Loss Recovery In DCT Image Encoding Using POCS”, IEEE Trans.Image Processing 2002.

Munir R, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika, Bandung.

Usman Ahmad, “Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.