RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PROTEKSI PETIR MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER DAN BERBASIS WEB

Elvianto Dwi Hartono

Abstract


Kebutuhan akan informasi melalui sistem monitoring proteksi petir yang semakin tinggi untuk dapat mengetahui lebih dini adanya sambaran petir pada head protector. Sedangkan instalasi penangkal petir yang tanpa menggunakan alat monitoring maka akan sulit untuk mengetahui efektifitas dari instalasi penangkal petir tersebut. Untuk mengetahui instalasi penangkal petir yang terpasang tanpa menggunakan sistem monitoring biasanya dengan rusaknya atau hancurnya ujung penangkal petir tersebut. Penelitian ini merupakan pengembangan dari sistem lightning counter yang dirancang untuk memonitoring dan mendeteksi adanya sambaran petir melalui jarak jauh. Dengan menggunakan Arduino Uno, Ethernet shield, Sensor Arus dan SIM800L. Informasi yang ditampilkan dalam Web adalah informasi cuaca, data kejadian sambaran petir yang meliputi tanggal, waktu dan besaran arus sambaran, serta grafik terjadinya sambaran dalam setiap bulannya sehingga akan mendapatkan suatu trend pola sambaran petir pada suatu daerah tersebut. Dengan adanya pengembangan alat tersebut akan lebih mempermudah bagi teknisi gedung dalam melakukan pengecekan serta perbaikan. Dari hasil perancangan ini dapat disimpulkan bahwa dengan dilakukannya monitoring terhadap sambaran petir, antisipasi dan penanganan gangguan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sehingga jika terjadi permasalahan akibat dampak sambaran petir dapat segera dilakukan perbaikan

Full Text:

PDF

References


Anderson JG. (1982). Lightning performance of transmission lines in transmission line reference book. 345 kV and Above, Electric Power Research Institute (EPRI), Palo Alto, CA.

A. Mishra, D. Irwin, P. Shenoy, J. Kurose and T. Zhu. (2012) “Smart Charger : Cutting the electricity bill in smart homes with energy storage”, Future Energy System : Where Energy, Computing and Communication Meet (e-Energy), Third International Conference on, pp, 1-10, 2012.

Bazelyan EM, Gorin BN, Levitov VI. (1978). Physical and engineering foundation of lightning protection. Leningrad : Gidrometeoizdat; p.223.

“Current Monitoring with non-invasive Current Sensor and Arduino”, http://www.homautomation.org/2013/09/17/current-monitoring-with-non-invasive-sensor-and-arduino/html, (Accessed on 29 December 2017).

C. Battistelli and A.J. Conejo. (2014). “Optimal management of the authomatic generation control service in smart user grid including electric vehicles and distributed resources,” Electr. Power Syst. Res.,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.