SIMULASI PENCARIAN GOLONGAN DARAH BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP DAN CODEIGNITER DI KABUPATAEN SIDOARJO

Riky Deni Arianto, Fridy Mandita

Abstract


Website adalah suatu halaman web berisikan kumpulan informasi yang disediakan baik untuk perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah webite membutuhkan sebuah server yang dapat diakses melalui jaringan online seperti internet, ataupun jaringan lokal (LAN) melalui alama yang lebih dikenal sebagai URL. Tujuan dari penelitian ini untuk mempelajari, menganalisis, dan merancang serta mengimplementasikan Simulasi Pencarian Darah Berbasis Web Menggunakan Framework Bootstrap dan Codeigniter dengan menggunakan PHP, CSS dan MySQL.Aplikasi yang dikembangkan untuk penelitian ini menggunakan Hypertext Prepocessor (PHP) yang merupakan bahasa pemrograman umum dan juga untuk pengembangan web. Selain itu juga digunakan CodeIgniter (Framework PHP), Bootstrap (Framework CSS) untuk membuat web dinamis dan responsif dengan cepat tanpa harus membuat dari awal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah program untuk Simulasi Pencarian Darah Berbasis Web Menggunakan Framework Bootstrap dan Codeigniter yang dapat menampilkan informasi tentang profil Rumah Sakit dan PMI yang menyediakan darah dan karena ini simulasi jadi data stok darah yang tertampil pada web merupakan data buatan peneliti sendiri / tidak valid.

Full Text:

PDF

References


Westriningsih. (2011). Mudah dan Cepat Membuat Website dengan CodeIgniter, Yogyakarta: Andi.

Puspitosari Heni A. (2013). Desain Web Dinamis dengan PHP dan MySQL Tingkat Dasar Menggunakan Dreamweaver, Yogyakarta: Skripta.

Ignas. (2016). Responsive Web Design with Bootstrap, Yogyakarta: Andi.

Utomo, Karyo Budi. (2010) Perancangan Sistem Informasi Bank Darah Hidup Untuk Mempercepat Penyediaan Calon Penyumbang Darah Dengan Ketepatan Yang Tinggi (Studi di PMI Kota Samarinda). Jurnal Informatika Mulawarman. 5.(2): 22-28.

Cahyono, Joko Tri, Sukadi. (2013). Pembuatan Website Profil dan Pelayanan Pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Pacitan. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA. 2(1): 2302-1136.

Zulkifli, Nurul Ilmi, Adi Heru Sutomo. (2015). UsabilityTesting Sistem Informasi Pendonor Darah (Studi Kasus di Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta). Journal of Information for Public Health. 1(1): 10-15.

PCM Kramat. (2014). Setetes Darahmu Nyawa Bagiku. http://pcmkramatjati.pusku.com/kegiatan-darah-2014-setetes-darahmu-nyawa-bagiku/, [diakses 27 Mei 2016].

Admin. (2016). Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, Dan O. http://www.alodokter.com/memahami-karakteristik-golongan-darah-a-b-ab-dan-o, [diakses 26 Oktober 2016]

Andre. (2014). Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web. http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/, [diakses 13 Oktober 2016].

Fahrudin, Rifal. (2015). https://rifalfahrudin.wordpress.com/2015/09/27/normalisasi-database-1nf-2nf-3nf/, [diakses 25 Januari 2017]

Umbaran, Joko. (2016). Pengertian Metode dan Jenis-jenis Simulasi. www.academia.edu/10178103/PENGERTIAN_METODE_DAN_JENIS-JENIS_SIMULASI,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.