APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN KONSEP 3D-AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Anang Pramono, Fitjrian Danung Mei Wiratama

Abstract


Dalam konsep psikomotorik, kognitif dan afektif, bahan ajar harus bisa mewujudkan pencapaian aspek tersebut dengan maksimal, terarah dan terpadu. Integrasi capaian dari bahan ajar menjadi pendorong semakin harus berkembangnya bahan ajar. Perkembangan bidang TIK dapat menjadi salah satu triger-pendorong  untuk menghasilkan bahan ajar yang mampu memenuhi 3 aspek dasar capaian target pembelajaran tersebut.Banyak teori yang menyatakan bahwa pembelajaran yang memadukan konsep multimedia (suara, teks, gambar dan video) yang dikemas dengan interaktif adalah konsep bahan ajar yang sangat efektif. Banyak mata ajar yang perlu didukung dengan pendekatan TIK Multimedia tsb, yang salah satunya adalah mata ajar terkait dengan pengenalan rumat adat Indonesia. Dalam kaitan konsep tersebut, untuk memberikan jawaban kebutuhan konsep bahan ajar terkait rumah adat Indonesia, dikembangkanlah aplikasi bahan ajar dengan konsep 3D-Augmented Reality berbasis Android.Dengan konsep ini, pengenalan rumah adat Indonesia mampu dituangkan dalam bahan ajar yang menarik,interaktif, dinamis, tanpa meninggalkan kontek edukasi tekstual yang ada. Hasil penelitian dan pengembangan ini, melahirkan Aplikasi â€Rudat-Indâ€, Aplikasi tentang rumah adat Indonesia dengan konsep 3D-Augmented Reality berbasis Android.

 

Kata Kunci: Rumah Adat, 3D, Android, dan Augmented Reality

Keywords


Rumah Adat; 3D; Android; Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


D. Kristiani, Ensiklopedia Negeriku Rumah Adat. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer, 2014.

M. Sutiarini, Keindahan Arsitektur Rumah Adat Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010.

I. Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori dan Perkembangannya. Yogyakarta: ANDI Offset, 2010.

M. Noor, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010.

M. Fernando, Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Buku AR Online, 2013.

R. Roedvan, Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika, 2014.

M. Sugianto, 3D Modelling dengan Google Sketchup. Semarang: ANDI, 2009.

Wahana Komputer, Adobe Photoshop CS5 Untuk Manipulasi Foto Profesional. Yogyakarta: ANDI, 2011.

A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.




DOI: https://doi.org/10.30996/konv.v14i1.2766

DOI (PDF): https://doi.org/10.30996/konv.v14i1.2766.g2289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Anang Pramono, Fitjrian Danung Mei Wiratama





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats