KLASIFIKASI KENTANG PADA ALAT MONITORING SIMPAN KENTANG

  • Anton Breva Yunanda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mochamad Sidqon Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agung Kridoyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: klasifikasi kentang, pengkondisian sinyal sensor, komunikasi serial desktop

Abstract

Penyimpanan kentang memiliki berbagai model seperti penumpukan langsung, bersekat dan rotasi. Teknik yang dijadikan studi disini adalah model bersekat yang diletakkan pada berbagai kotak-kotak. Dengan penyimpanan dan hasil akhir yang berbeda-beda penggunaannya maka dibahaslah teknik klasifikasi untuk memudahkan dalam sorting obyek terutama pada orang awam sehingga hasil penyimpanan dapat optimal dijadikan untuk apa kedepannya hasil penyimpanan ini. Pembuatan sistem ini perlu ditunjang dengan pembuatan alat monitoring yang direkam perubahan obyeknya dengan memasukkan data kondisi kentang pada database sehingga diharapkan perilaku tiap musim dapat termonitor. Untuk jalur komunikasinya antar modul menggunakan jalur serial dan akuisisi data kondisi lingkungan menggunakan ADC  internal pada mikrokontroller

References

Aldaka, Ranu Adi., “Sistem Otomatisasi Pengkodisian Suhu, pH, dan Kejernihan Air Kolam Pada Pembudidayaan Ikan Patin”. Jurnal Seminar Hasil, 2014.

Beukema, H.P dan D. E van der Zaag., “Introduction to Potato Production”., Edisi 3., Pudoc Wageningen., Netherland. 179 p. , 2007.

Firanti, Y.A., Kurniawan H., dan Nugraha. “system monitoring suhu realtime pada kolam pembenihan ikan berbasis cloud computing”, jurnal UMRAH, 2013.

Olsen, N. dan A. Hornbacher., “Effect of the season on the seed potato physiology and performance”., Idaho Potato Center. 2002.

Rowe, R. C. “ Potato Health Management. Department of Plant Pathology”, Ohio State University. America. 1993.

Published
05-09-2019
Section
Articles