SISTEM INFORMASI KINERJA DOSEN DI FAKULTAS TEKNIK UNTAG SURABAYA

  • Agus Winarto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ery Sadewa Yudha Wrahatnala Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Monitoring Kinerja Dosen, Penilaian, Sistem Informasi, PHP, MySql.

Abstract

Penilaian kinerja bagi dosen dan merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh sebuah perguruan tinggi, dimana perguruan tinggi mengevaluasi performa dosen dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya. Evaluasi kinerja dosen berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dimana proses pembelajaran dan pelayanan akan mempengaruhi kualitas dari pembelajaran mahasiswa. Sebagai bagian dari sebuah organisasi, penilaian kinerja untuk mengukur ekfektifitas operasional secara periodik berdasarkan standar dan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya perlu dilakukan.  Fakultas Teknik Untag Surabaya khususnys selalu melakukan monitoring kinerja dosen untuk meningkatkan kualitas internal secara berkelanjutan. Monitoring kinerja dosen ini meliputi monitoring pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan penunjang, merujuk dari permasalahan diatas sudah selayaknya dikembangkan sistem informasi penilaian kinerja dosen berbasis web yang memungkinkan kemudahan akses bagi dosen dalam melakukan evaluasi kinerja, selain itu sistem informasi tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk mengolah data, melakukan monitoring dan evaluasi kinerja dosen. Diharapkan dengan adanya sistem tersebut menjadikan efektivitas proses penilaian kinerja. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis web, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql. Aplikasi ini menghasilkan data yang terupdate dari segi pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan penunjang secara berkelanjutan.

References

L. Atika, “Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja PemilihanDosen Berprestasi Menggunakan Metode AHP,†J. Ilm. MATRIX, vol. 12, no. 3, pp. 1–10, 2010.

S. Kusumadewi and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

Rusdiana and M. Irfan, Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Mulyadi and Setiawan, Sistem Perancangan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba, 1999.

H. Aljardali, M. Kaderi, and T. Levy-Tadjine, “The Implementation of the Balanced Scorecard in Lebanese Public Higher Education Institutions,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 62, no. October, pp. 98–108, 2012.

N. Jalaliyoon and H. Taherdoost, “Performance Evaluation of Higher Education; A Necessity,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, no. December 2012, pp. 5682–5686, 2012.

P. Mudjihartono, M. Teknik, I. Universitas, A. Yogyakarta, B. Scorecard, and S. P. Keputusan, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard ( Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta ),†Semin. Nas. Inform. 2010, vol. 1, no. 5, pp. 82–90, 2010.

A. T. Sulistiyani and Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gava Media, 2009.

A. A. A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Published
2019-09-07
Section
Articles