SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA PADANGBANDUNG BERBASIS WEB

  • Ahmad Habib Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rizqi Slamet Maulana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Administrasi Kependudukan, Desa Padangbandung

Abstract

Desa Padangbandung selama ini sudah mempunyai sistem yang baik tapi masih menggunakan microsoft word dan microsoft excel serta buku catatan pendukung lainnya selain itu belum adanya aplikasi yang mendukung untuk memungkinkan pemberian informasi geografis desa Padangbandung. Dengan menggunakan Sistem Informasi tersebut, perangkat desa Padangbandung sering kali menemui kendala dalam pelayanan kependudukan seperti sulitnya pemberian data dan informasi penduduk secara cepat dan akurat, serta sering terjadi kesalahan data. Maka dari itu, diperlukan suatau sistem pengembangan teknologi berbasis informasi geografis dan kependudukan yang akan membantu menginformasikan keadaan geografis serta pendataan penduduk Desa Padangbandung. Sistem Informasi Geografis dan Kependudukan ini merekam dan menginformasikan data mengenai data letak UKM unggulan, lokasi setiap RT dan RW, KTP, KK, Surat Kelahiran, Pindah Datang,Pindah Keluar, serta Surat Kematian Desa Padangbandung. Sistem informasi geografis dan administrasi kependudukan desa Padangbandung berbasis web ini disingkat dengan nama “SICAKEP SIGAPâ€.

References

A. Habib and A. D. Wibowo, “Aplikasi Pengingat Agenda Berdasarkan Lokasi Dengan Global Positioning System (Gps) Berbasis Android,†Konvergensi, vol. 12, no. 1, pp. 19–27, 2016.

Y. Kurnianingtyas and F. A. Hermawati, “Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Kemiskinan dan Gizi Buruk di Jawa Timur,†KONVERGENSI, vol. 13, no. 1, pp. 40–49, 2017.

L. Chakim, “Sistem informasi geografi paguyuban kerajinan desa di kabupaten kudus berbasis web,†Universitas Muria Kudus, 2012.

A. Muthohar, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis WEB dengan Teknologi WEB 2.0 (Studi Kasus Desa Bomerto Jl. Lingkar Utara km.02 Wonosobo),†2010.

Mulyadi, “Rancangan Sistem Informasi Potensi Desa Di Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya Berbasis Web,†STMIK U’Budiyah Indonesia Banda Aceh, 2013.

Published
2019-10-01
Section
Articles