SISTEM TEMU KEMBALI CITRA BATIK BERDASARKAN KARAKTERISTIK TEPI DAN WARNA

  • Diana Ayu Windari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fajar Astuti Hermawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Citra Batik, Content Based Image Retrieval (CBIR), Sistem Temu Kembali Citra

Abstract

Batik merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang perlu dijaga, salah satunya dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan citra batik. Content Based Image Retrieval (CBIR) merupakan teknik pencarian citra dengan memasukkan informasi berupa citra query yang diinginkan oleh pengguna terhadap beberapa data citra dengan memanfaatkan database. Teknik CBIR didasarkan pada perbandingan warna, bentuk, serta tekstur citra. Dalam sistem temu kembali citra diperlukan pengekstraksian karakteristik dari citra. Karakteristik yang akan di ekstrak dalam citra batik adalah tepi dan warna yang merupakan karakteristik utama batik. Tidak hanya itu saja, pada sistem ini akan memanfaatkan teknik CBIR menggunakan metode LoG (Laplacian of Gaussian) dan Law Texture. Sistem temu kembali citra batik berdasarkan karakteristik tepi dan warna ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan kembali citra batik di dalam komputer dengan karakteristik yang pengguna inginkan. Sistem akan melakukan perbandingan antara citra acuan yang pengguna pilih dengan berbagai macam citra batik yang pengguna miliki.

References

R. OKSAPUTRI, E. Ernawati, and A. Desi, “Implementasi Content Based Image Retrieval (Cbir) Pada Citra Batik Besurek Yang Tidak Utuh Menggunakan Metode Speeded Up Robust Features (Surf) Dan Fast Library Approximated Nearest Neighbor (Flann),†Pseudocode, vol. 5, no. 2, pp. 18–28, 2018.

A. S. Arwanda, “Content Based Image Retrieval Batik Tradisional Yogyakarta Dengan Ekstrasi Ciri Berdasarkan Tekstur Filter Gabor Wavelets 2D Skripsi Content Based Image Retrieval Dengan Ekstrasi Ciri Berdasarkan Tekstur Filter Gabor Wavelets 2D,†Ticom, vol. 1, no. 3, pp. 12–18, 2013.

A. Y. Wicaksono, N. Suciati, and D. Purwitasari, “Implementasi Transformasi Curvelet dan Ruang Warna HSV untuk Temu Kembali Citra Batik Berbasis Isi pada Situs Batik,†J. Tek. POMITS, vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2013.

F. A. Hermawati, “Sistem Temu Kembali Citra Berdasarkan Karakteristik Bentuk dengan Metode Color-Edge Extraction,†in Seminar Nasional Teknik 2009, 2009, pp. 253–257.

F. A. Hermawati, “Segmentasi Citra Berdasarkan Karakteristik Color-Texture,†KONVERGENSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2005.

F. A. Hermawati, H. H. Tjandrasa, and N. Suciati, “Evaluasi Representasi Warna Untuk Retrieval Citra Berbasis Region,†J. Saintek, vol. 9, no. 2, pp. 101–107, 2005.

F. A. Hermawati, H. Tjandrasa, and N. Suciati, “Sistem Retrieval Citra Berbasis Region Dengan Transformasi Wavelet Berdasarkan Karakteristik Color-Texture,†KONVERGENSI, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2006.

Y. MZ, E. Utami, and A. Amborowati, “Temu Kembali Citra Batik Pesisir,†J. Inf. Interaktif, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017.

M. Nasir, N. Suciati, and A. Y. Wijaya, “Kombinasi Fitur Tekstur Local Binary Pattern yang Invariant terhadap Rotasi dengan Fitur Warna Berbasis Ruang Warna HSV untuk Temu Kembali Citra Kain Tradisional,†J. Inspirat., vol. 7, no. 1, pp. 42–51, 2017.

Published
2019-10-01
Section
Articles