SIMULASI ALAT PEMANTAU PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER MELALUI MONITOR PC

  • Irfan Syaifudin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Anton Breva Yunanda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agung Kridoyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Monitoring, Tenaga angin, Sensor

Abstract

Kincir angin sebagai penghasil listrik diharapkan dapat beroperasi secara terus-menerus agar pasokan listrik selalu tersedia. biasanya daerah pesisir Indonesia memiliki potensi yang besar didirikanya kincir angin. Bukan hanya untuk daerah pesisir Indonesia saja yang memungkinkan untuk didirikan kincir angin, ada banyak tempat di Indonesia yang memungkinkan untuk didirikannya kincirangin. Agar mendapatkan energi angin yang cukup besar perlu adanya penelitian khusus yang dapat memantau pergerakan angin, dan kincir angin perlu dipantau atau diamati performanya. Pemantauan yang dilakukan pada parameter pembangkit listrik yang dapat menghasilkan data tentang tegangan, arus, daya dan kecepatan putaran kincir angin. Proses pemantauan pembangkit listrik tenaga angin biasanya dilakukan oleh operator secara manual dengan menggunakan anemometer dan daya yang dihasilkan oleh kincir angin. Proses pemantauan secara langsung seperti ini memerlukan usaha yang besar, serta data yang didapatkan cukup lama.Berdasarkan pertimbangan itulah, maka diperlukan sebuah sistem aplikasi yang dapat memantau segala pergerakan atau performa dari kincir angin yang pengiriman datanya menggunakan mikrokontroler. agar proses pemantauan kincir angin menjadi lebih mudah, cepat dan akurat proses pengukuran monitoring yang dihasilkan dari kincir angin menggunakan sensor - sensor sebagai pencatat nilai pada generator kincir.

References

P. Tchakoua, R. Wamkeue, M. Ouhrouche, F. Slaoui-Hasnaoui, T. A. Tameghe, and G. Ekemb, “Wind turbine condition monitoring: State-of-the-art review, new trends, and future challenges,†Energies, vol. 7, no. 4, pp. 2595–2630, 2014.

A. Saeed, “Online Condition Monitoring System for Wind Turbine Case Study,†Blekinge Institute of Technology, 2008.

S. Chakkor, M. Baghouri, and A. Hajraoui, “Wind turbine fault detection system in real time remote monitoring,†Int. J. Electr. Comput. Eng., vol. 4, no. 6, pp. 882–892, 2014.

M. A. Ahmed and Y. C. Kim, “Wireless communication architectures based on data aggregation for internal monitoring of large-scale wind turbines,†Int. J. Distrib. Sens. Networks, vol. 12, no. 8, 2016.

Y. Wanye and Y. Shi, “The Design and Implement of Wind Fans Remote Monitoring and Fault Predicting System,†in Wind Energy Management, P. Bhattacharya, Ed. InTech, 2016, pp. 63–84.

Published
2019-10-01
Section
Articles