SISTEM BACKUP KONFIGURASI ROUTER SECARA OTOMATIS DENGAN SHELL SCRIPT (STUDI KASUS : PT NETTOCYBER INDONESIA)

  • Mashuda Afrianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Darwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aris Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Backup data, Shell script, Ubuntu, Jaringan, Router

Abstract

Jaringan internet saat ini menjadi kebutuhan pokok instansi maupun hotel. Dan router memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur lalu lintas jaringan. Sehingga router menjadi sebuah alat yang sangat riskan apabila mengalami sebuah kerusakan, karena dapat menyebabkan jaringan internet menjadi down atau terputusnya koneksi. Ketika router tersebut mengalami kerusakan, problem solving yang harus dilakukan yaitu dengan mengganti router baru yang telah terkonfigurasi dan telah di restore oleh backup router tersebut. Akan tetapi sistem backup konfigurasi yang dilakukan masih manual dan tidak terjadwal.  Sehingga IT Network terkadang tidak mempunyai file backup dari router. Hal ini mengakibatkan proses problem solving banyak memakan waktu dan waktu down menjadi lama. Oleh karena itu dibutuhkan sistem yang dapat membackup konfigurasi router secara otomatis dan terjadwal. Pada penelitian ini menjelaskan bagaimana membuat sistem backup konfigurasi router secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan dan sistem secara otomatis mendownload hasil backup ke dalam komputer.

References

F. J. Bhayangkara and I. Riadi, “IMPLEMENTASI PROXY SERVER DAN LOAD BALANCING MENGGUNAKAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER (PCC) BERBASIS MIKROTIK (Studi kasus : Shmily.net),†Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 2, no. 2. pp. 1206–1215, 2014.

I. P. E. Suparwita, “Implementasi Sistem Backup Otomatis Virtual Private Server Dengan Crontab,†J. Elektron. Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 29–34, 2012.

I. M. D. Susila and A. A. P. R. Asmara, “Sistem Backup Data Otomatis Menggunakan Protocol FTP dan SMS Gateway,†J. Sist. dan Inform., vol. 8, no. 2, pp. 38–49, 2014.

M. Grey, M. Rossberg, and G. Schaefer, “Automatic creation of VPN backup paths for improved resilience against BGP-attackers,†in Proceedings of the ACM Symposium on Applied Computing, 2012, no. May, pp. 613–620.

D. Min et al., “Amoeba: An Autonomous Backup and Recovery SSD for Ransomware Attack Defense,†IEEE Comput. Archit. Lett., vol. 17, no. 2, pp. 243–246, 2018.

Published
2019-10-01
Section
Articles