APLIKASI METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PENENTUAN HERO COUNTER PADA PERMAINAN MOBILE LEGENDS

  • Christian Adikusuma Tanjung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fajar Astuti Hermawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Enny Indasyah Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Keywords: Mobile Legends, MOBA, logika fuzzy, hero counter

Abstract

Mobile Legends adalah game bergenre MOBA android yang memiliki banyak peminat sejak pertama rilis pada tahun 2016. Banyak pemain pemula game ini yang sebelumnya tidak tahu cara melawan hero musuh dengan cara memilih hero yang tepat untuk dapat mengalahkannya sehingga seringkali mengalami kekalahan dalam pertandingan. Pada tugas akhir ini penulis akan menerapkan logika fuzzy metode mamdani yang diimplementasikan untuk membuat sistem penentuan hero counter pada game Mobile Legends guna membantu pemain dalam pemilihan hero. Untuk itu diperlukan beberapa variable input yaitu kelincahan dan ability effect yang dimiliki setiap hero serta waktu lama berjalannya pertandingan. Setelah itu semua variabel input akan diolah dengan logika fuzzy dengan tahapan pembentukan himpunan fuzzy, fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzyfikasi. Berdasarkan pengujian tingkat keakuratan untuk mengetahui hero counter, dilakukan dengan percobaan pada setiap hero assassin dengan kondisi waktu yang berbeda dan menghasilkan nilai akurasi dari sistem ini sebesar 84,375%. Dengan begitu aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemain pemula Mobile Legends saat memilih hero untuk meningkatkan presentase kemenangan guna menghindari kekalahan dalam pertandingan.

References

Giantbomb, “Multiplayer Online Battle Arena,†2015. [Online]. Available: https://www.giantbomb.com/multiplayer-online-battle-arena/3015-6598/. [Accessed: 25-Jun-2018].

R. A. Purnomo, D. Syauqy, and M. H. Hanafi, “Implementasi Metode Fuzzy Sugeno Pada Embedded System Untuk Mendeteksi Kondisi Kebakaran Dalam Ruangan,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 4, pp. 1428–1435, 2018.

Wulandari and Yogawati, “Aplikasi Metode Mamdani Dalam Penentuan Status Gizi Dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) Menggunakan Logika Fuzzy,†Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

E. Pourjavad and A. Shahin, “The Application of Mamdani Fuzzy Inference System in Evaluating Green Supply Chain Management Performance,†Int. J. Fuzzy Syst., vol. 20, no. 3, pp. 901–912, 2018.

R. Y. Endra and A. Sukoco, “Decision Support System (DSS) For The Determination Of Percentage Of Scholarship Quantity Based Fuzzy Tahani,†in 3rd International Conference on Engineering & Technology Development 2014, 2014, pp. 213–223.

T. Tundo and E. I. Sela, “Application of The Fuzzy Inference System Method to Predict The Number of Weaving Fabric Production,†IJID (International J. Informatics Dev., vol. 7, no. 1, p. 19, 2018.

M. Kastina and M. Silalahi, “Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam Sistem Keputusan Fuzzy Produksi Menggunakan Matlab,†J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 171–181, 2016.

E. Suanto, M. Sidqon, and F. A. Hermawati, “Sistem Diagnosa Berbasis Fuzzy pada Penyakit Polineuropati Akibat Diabetes Melitus,†KONVERGENSI, vol. 13, no. 1, pp. 18–31, 2017.

C. T. Prasetyo, F. A. Hermawati, and E. Ronando, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Berdasarkan Karakteristik Sosio-Demografis Pengguna Menggunakan Metode Fuzzy Tahani,†KONVERGENSI, vol. 14, no. 1, pp. 26–36, 2018.

Published
2019-10-01
Section
Articles