SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA TAHANAN SEMENTARA BERBASIS WEB & ANDROID STUDI KASUS DI SAT RESKOBA POLRESTABES SURABAYA

Keywords: Narkoba, Tahanan, Kriminal, Sat Reskoba

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini, internet dapat dimanfaatkan untuk membuat sistem informasi suatu perusahaan/instansi. Perananan sistem informasi sangat diperlukan. Dalam penelitian ini objek yang digunakan adalah SAT RESKOBA POLRESTABES SURABAYA. Aktivitas operasional masih menggunakan sistem manual. Hal ini menjadikan kegiatan administrasi penyidik kurang produktif. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan aktivitas administrasi penyidik lebih tertata dan terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada aturan SDLC yang tahap–tahapnya meliputi observasi dan studi kelayakan, analisa kebutuhan sistem, desain sistem, pembangunan sistem, uji coba dan evaluasi, pembuatan laporan. Dalam penelitian ini target khusus yang ingin dicapai adalah membuat aplikasi tahanan narkoba berbasis web secara sistematis, terstruktur, terarah, dan lengkap.

References

Polda Jawa Timur;, “Profile Polda Jawa Timur.” [Online]. Available: http://jatim.polri.go.id/.

A. Habib and A. D. Wibowo, “Aplikasi Pengingat Agenda Berdasarkan Lokasi Dengan Global Positioning System (Gps) Berbasis Android,” Konvergensi, vol. 12, no. 1, pp. 19–27, 2016.

A. B. Yunanda, S. Supangat, and F. Siregar, “Sistem Informasi E-Learning Program Studi Teknik Informatika di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya,” KONVERGENSI, vol. 11, no. 2, pp. 1–8, 2015.

A. Winarto and E. S. Y. Wrahatnala, “Sistem Informasi Kinerja Dosen di Fakultas Teknik Untag Surabaya,” KONVERGENSI, vol. 14, no. 2, pp. 77–87, 2018.

Y. Kurnianingtyas and F. A. Hermawati, “Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Kemiskinan dan Gizi Buruk di Jawa Timur,” KONVERGENSI, vol. 13, no. 1, pp. 40–49, 2017.

A. Habib and R. S. Maulana, “Sistem Informasi Geografis dan Adminitrasi Kependudukan Desa Padangbandung Berbasis Web,” KONVERGENSI, vol. 15, no. 1, pp. 1–12, 2019.

H. Suprapto, “Pengembangan Sistem Informasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4gn) Berbasis Web Untuk Mendukung Koordinasi Di Badan Narkotika Provinsi (Bnp) Jawa Tengah,” Universitas Diponegoro, 2008.

A. Budi Manduro, “Pengembangan Sistem Informasi Lapas Narkoba Untuk Menunjang Pengungkapan Kasus Narkoba Di Lembaga Pemasyarakatan Pada Puslitbang Dan Info Badan Narkotika Nasional,” Universitas Gunadarma, 2010.

W. S. Bahriandi, “Analisa dan rancangan sistem informasi administrasi tahanan narkotika pada badan narkotika nasional provinsi kepulauan bangka belitung,” STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 2013.

Published
2020-07-03
Section
Articles