RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. DUTA TRANSINDO PRATAMA SURABAYA)

Anik Setyaningsih, Mochamad Sidqon

Abstract


Jasa pengiriman barang adalah sesuatu pelayanan yang memberi kemudahan proses mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain dengan aman serta dipertanggungjawabkan keamanannya oleh pihak penyedia jasa. Pengiriman barang dapat berupa logistik, produk elektrok, dokumen dan lain lain. Jalur yang digunakan untuk kiriman barang bisa melalui jalur udara, laut dan darat. Semakin berkembangnya teknologi maka dibutuhkan sistem yang dapat meningkatkan pelayanan kinerja dalam pencacatan pengiriman barang, pengecekan ongkos kirim dan juga tracking barangkiriman. Dengan adanya system informasi pengiriman barang ini diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada di PT Duta Transindo Pratama Surabaya yaitu terkomputerisasinya data pengiriman barang, adanya sistem yang bias mengecek ongkos kirim dan tracking barang.


Keywords


pengiriman barang; sistem informasi; ongkos kirim; tracking barang

Full Text:

PDF

References


H. Dhika, L. Lukman, and A. Fitriansyah, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Berbasis Web,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 1, p. 51, 2016.

E. Yulianti, G. P. Destriana, and S. Sukemi, “Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang,” Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 9, no. 1, pp. 7–13, 2018.

D. Y. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau Menggunakan Waterfall Pada Pt. Sinar Wijaya Kusuma Jakarta,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 17, no. 2, pp. 5–26, 2015.

C. Vikasari, “Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Expedisi Pengiriman Barang Berbasis Web,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 123–132, 2018.

R. C. Palacios, J. M. G. Berbís;, and Á. G. Crespo, “an Integrated Methodology for Customer Relationship Management Customization,” JISTEM Journal of Information Systems and Technology Management, vol. 4, no. 3, pp. 287–300, 2007.

F. A. Amalina, I. Aknuranda, and M. C. Saputra, “Pengembangan Sistem Informasi E-CRM Berbasis Website pada Dinikoe Keramik,” Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 2, pp. 5884–5891, 2018.

R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-Crm Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 4, no. 2, 2014.

W. Agustin, R. Adlan, and Y. Efendi, “Rancangan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru,” IT Journal Research and Development, vol. 3, no. 2, pp. 9–18, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30996/konv.v1i1.3294

DOI (PDF): https://doi.org/10.30996/konv.v1i1.3294.g3071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mochamad Sidqon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats