RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SILSILAH, PROFIL, DAN PASAR BURUNG LOVEBIRD BERBASIS ANDROID

Prasetya Wahyu Kurniyadhi, Badar Said

Abstract


Lovebird merupakan jenis burung yang ditandai menjadi kelas utama di berbagai tingkat kota maupun nasional. Banyak kalangan masyarakat dalam mencari keuntungan untuk beternak burung lovebird tersebut. Selain perawatan burung lovebird ini cukup mudah, harga dipasaran juga cukup stabil bahkan meningkat setiap saat.. ELP (Exotic Lovebird Pamekasan) merupakan komunitas burung lovebird yang terkenal di wilayah Pamekasan hingga ke seluruh pulau Jawa dalam memaparkan dan membudidayakan segala hal tentang burung lovebird. Untuk mempermudah peternak dalam membudidayakan lovebird dibutuhkan aplikasi dengan sistem informasi yang lengkap berupa silsilah dan profil hingga pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan peternak. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memperhatikan, mempelajari, mengumpulkan dan mencari informasi tentang burung lovebird. Dan peneliti juga mennggunakan metode analisa sistem untuk mengidentifikasi permasalahan mengenai peternakan dan pasar burung lovebird.  Dalam aplikasi ini peneliti merancang dengan sistem informasi yang sangat interaktif terutama pada bagian pendataan profil dan silsilah, dimana data berupa kumpulan informasi dan silsilah dari burung tersebut yang di inputkan oleh pengguna bisa tersimpan secara berkelanjutan hingga data tersebut diperjual-belikan ke pengguna lainnya, maka data profil dan silsilah tersebut tetap dan tidak terputus di satu pengguna. Selain fitur-fitur tersebut diaplikasi ini terdapat beberapa keunggulan lainnya diantaranya pengguna atau peternak bisa melakukan sharing pengetahuan (user knowledge) dimana pengguna bisa membagi pengetahuan tentang burung lovebird terhadap pengguna lainnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu mengoptimalkan peternak dalam melakukan pendataan profil dan silsilah burung lovebird dan mempermudah dalam melakukan aktifitas jual-beli di pemasaran dengan data yang terstruktur.

Keywords


lovebird; ELP; pengumpulan data dan analisa sistem

Full Text:

PDF

References


Wahyudi, Yulian Tri, Badar Said. 2020. Sistem Informasi Laporan Registrasi Program Tabungan Hari Tua Di PT. Taspen (Persero) Wilayah Madura. Jurnal Insand Comtech. 5(1).

Ubaidi, Nindian Puspa Dewi. 2018. Sistem Informasi Presensi Realtime dengan Menggunakan Fingerprint dan SMS Gateway di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan MaduraI. Jurnal SPIRIT. 10(2).

Syahroni, Abd. Wahab, Ubaidi. 2019. Implementasi Darurat Keamanan Dan Kesehatan Berbasis Mobile Di Desa Waru Barat Pamekasan. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan. 3(2).

Prasetyo, Fauzan, U. Fajri. 2015. Aplikasi Manajemen Proyek dengan Metode Critical Path Method (CPM) pada Desktop dan Android. SEMNASKIT Politeknik Negeri Jember. Pp, 180-183.

Masyhuda, Akhsana Zufar, Nurudin Santoso, Edy Santoso. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Ternak Burung Lovebird Berbasis Android. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(7). 2.

Kaleka, N. dan N.K. Haryadi. 2013. Mencetak Lutino & Varian Eksotis Lainnya. Visi Mandiri. Surakarta.

Handono, B., S. Gunarso, dan R. Turut. 2013. Lovebird Sukses Menangkarkan dan Memelihara. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sidik, Betha, 2012, Framework Codeigniter. Penerbit Infomatika, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30996/konv.v1i1.4073

DOI (PDF): https://doi.org/10.30996/konv.v1i1.4073.g3068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prasetya Wahyu Kurniyadhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats