SISTEM PEMBERSIH KANDANG AYAM OTOMATIS BERBASIS IOT

  • Desandy Hadina Muhtadin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Darwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bambang Dwi Sulo Universitas Islam Malang
Keywords: Internet of Things, Gas Amonia, Node MCU, Sensor MQ-135, Bot Telegram

Abstract

Menumpuknya kotoran ayam pada lantai kandang dalam jumlah besar dapat menyebabkan naiknya kadar gas amonia yang akan membahayakan kondisi ternak, peternak dan juga lingkungan sekitar. Karenanya diperlukan suatu monitoring tingkat pencemaran udara serta mekanisme pembersihan yang efisien untuk mempertahankan kadar polusi udara dibawah ambang batas yang mempermudah pekerjaan pembersihan kandang ayam para peternak. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut yang diimplementasikan pada purwarupa kandang dengan ukuran tinggi 50 x 30 x 60 cm. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pemodelan sebuah sistem monitoring dan mekanisme otomatis terintegrasi dengan internet, Internet of Thing (IoT). Memanfaatkan Node MCU Lolin V3 sebagai mikrokontroler yang teroneksi dengan internet dan Bot Telegram. Bot Telegram akan menampilkan notifikasi serta mengkonfirmasi eksekusi mekanisme pembersihan otomatis apabila konsentrasi gas amonia melebihi ambang batas. Lalu sensor MQ-135 sebagai sensor pendeteksi konsentrasi gas amonia dalam satuan part per million (ppm). Cara kerja mekanisme pembersihannya yakni swiper bergerak dari ujung satu ke ujung lainya pada rel slider. Swiper pembersih ini terdiri dari motor dc 12 volt yang di kontrol menggunakan motor driver L298N untuk menggerakkan timingbelt pada slider, juga water pump 12 volt yang terhubung ke relay untuk menyalakan dan mematikan otomatis penyemprotan air ke lantai kandang.

References

A. A. Masriwilaga, T. A. J. M. Al-hadi, A. Subagja, and S. Septiana, Sistem Monitoring Peternakan Ayam Broiler Berbasis Internet of Things, Telekontran J. Ilm. Telekomun. Kendali dan Elektron. Terap., vol. 7, no. 1, 2019.

H. Riza, Wizna, and Y. Rizal, Peran Probiotik dalam Menurunkan Amonia Feses Unggas, J. Peternak. Indones. (Indonesian J. Anim. Sci., vol. 17, no. 1, 2015.

Syahminan, Sensor Deteksi Gas Amonia Pada Kandang Ayam Pedaging Dengan Atemega32 Menggunakan MQ-135, J. Ilm. LINK Lintas Sist. Inf. dan Komput., vol. 27, no. 1, 2018.

K. S. Budi and Y. Pramudya, Pengembangan Sistem Akuisisi Data Kelembaban Dan Suhu Dengan Menggunakan Sensor DHT11 Dan Arduino Berbasis IOT, in Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 2017.

A. Habib, K. Hikam, and A. Darwanto, Implementing a Water Controller System Using Microcontroller Arduino and the Application System (Based on the Visual Basic Version 2010) to Control the Water Volume in All Boarders, in The 2017 International Conference On Physics, Mechanics Of New Materials And Their Applications, 2017.

M. A. Nugroho and M. Rivai, Sistem Kontrol dan Monitoring Kadar Amonia untuk budidaya Ikan yang Diimplementasi pada Raspberry Pi 3B, J. Tek. ITS, vol. 7, no. 2, 2018.

Published
17-10-2020
Section
Articles