ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PENGGUNA E-LEARNING (CLASSROM) DI SMK NEGERI 7 JEMBER MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2)

Keywords: Penerimaan Pengguna, E-learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2), Jenis Kelamin, Pendidikan Sebelumnya Siswa

Abstract

ABSTRACT
To measure the factors that influence the acceptance of technology, then the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) model is used where there is a change in the moderate variable, namely the student variable previous education and gender. Testing the model in this study using software SmartPLS. The results in this study are the factors that influence user intentions in using e-learning. It was found that the influencing factors were Performance expectancy is also referred to as performance expectations which have an influence on positive and significant on behavior intention in the behavior of using e-learning by student. This factor is proven to be the influence of students' intentions in using technology at SMK Negeri 7 Jember.

Keywords: User Acceptance, E-learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2), Gender, Previous education Students

ABSTRAK
Untuk mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan terhadap teknologi, maka digunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) yang dimana terdapat perubahan pada variabel moderat yakni variabel student previous education dan gender. Pengujian model dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS. Hasil dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan e-learning. Diperoleh bahwa faktor yang berpengaruh adalah performance expectancy disebut juga sebagai ekspektasi kinerja dimana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap behavior intention dalam perilaku penggunaan e-learning oleh siswa. Faktor inilah yang terbukti sebagai pengaruh niat siswa dalam menggunakan teknologi di SMK Negeri 7 Jember.

Kata Kunci: Penerimaan Pengguna, E-learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2), Jenis Kelamin, Pendidikan Sebelumnya Siswa

References

F. Anisa and Ananda, “Performance Expectancy Terhadap Niat Implementasi Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Di Pemkot Padang.,” Jurnal Benefita, vol. 4, no. 1, pp. 137–145, 2019.

K. Nikolopoulou and V. Gialamas, “Mobile phone dependence: Secondary school pupils’ attitudes,” Education and Information Technologies, vol. 23, no. 6, pp. 2821–2839, 2018.

I. Aripin, “Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi.,” Jurnal Bio Educatio, vol. 3, no. 1, pp. 01–09, 2018.

Dzulhaida and Giri, “Analisis Niat Masyarakat Terhadap Penggunaan Layanan E-Money Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Modifikasi Unified Theory Of Acceptance And Use Technology 2 (Utaut 2).,” Majalah Ilmiah Unikom, vol. 15, no. 2, 2017.

M. S. A. Bakar, J. Bolong, R. Bidin, and B. Mailin, “Factors of Gratification Contributing in Continuance Intention to Watch Movies on YouTube,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 155, no. November, pp. 9–13, 2014.

V. Venkatesh, J. Y. L. Thong, and X. Xu, “Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” MIS Quarterly, vol. 36, no. 1, pp. 157–178, 2012.

M. Indah and H. Agustin, “Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami NiatDan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang.,” JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, vol. 1, no. 4, pp. 1949–1967, 2019.

K. Krismadinata, Y. Arnovia, S. Syahril, and Y. Yahfizam, “Kontribusi Ekspektasi Kinerja, Usaha, Faktor Sosial dan Fasilitas Terhadap Sikap Operator Sistem Informasi.,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 44–52, 2018.

R. Masa’deh, R. Shannak, M. Maqableh, and A. Tarhini, “The Impact of Knowledge Management on Job Performance in Higher Education: The Case of The University of Jordan.,” Journal of Enterprise Information Management, vol. 30, no. 2, pp. 244–262, 2017.

Prasepsiawan, “Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Stkip Setiabudhi Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Mahasiswa.,” Jurnal Produktif, vol. 2, no. 20, pp. 121–131, 2018.

A. B. Yunanda, S. Supangat, and F. Siregar, “Sistem Informasi E-Learning Program Studi Teknik Informatika di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya,” KONVERGENSI, vol. 11, no. 2, pp. 1–8, 2015.

N. N. A. Seni and N. M. D. Ratnadi, “Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 6, no. 12, pp. 4043–4068, 2017.

G. Pourmand et al., “An application of the theory of planned behavior to self-care in patients with hypertension,” BMC Public Health, vol. 20, no. 1, pp. 1–8, 2020.

I. Ajzen, “The Theory of Planned Behavior,” Organizational Behavior And Human Decision Processes, vol. 50, pp. 179–211, 1991.

N. J. Jati and H. Laksito, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem Informasi,” Diponegoro Journal of Accounting, vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2012.

Mustaqim, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan E_Commerce XYZ Menggunakan Model UTAUT (Unified Theory Acceptance and Use Of Technology) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 7, pp. 2584–2593, 2018.

A. M. Putranto and Y. Pramudiana, “Pengaruh Faktor-faktor Dalam Modifikasi Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Mengadopsi Layanan Wifi.id Pt Telkom Area Jakarta,” e-Proceeding of Management, vol. 2, no. 2, pp. 1085–1094, 2015.

Rotikan and Aseng, “Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Ilmu Komputer Dalam Mempelajari dan Menggunakan FrameworkPemrograman.,” CogITo Smart Journal, vol. 5, no. 1, pp. 79–88, 2019.

Y. Fan et al., “Applications of structural equation modeling (SEM) in ecological studies: an updated review,” Ecological Processes, vol. 5, no. 19, pp. 1–12, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.

S. Basiriyah, I. Listiowarni, and A. K. W. Hapantenda, “Analisis Penerapan Game-Based Student Response System Pada Flipped Classroom Biologi Sman 5 Pamekasan,” Konvergensi, vol. 16, no. 2, pp. 62–69, 2020.

A. Sanusi, Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

P. A. D. Putri and I. N. W. A. Putra, “Pengaruh Free Cash Flow Perusahaan Di Tahap Growth Dan Mature Pada Kebijakan Dividen,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 20, no. 1, pp. 87–115, 2017.

Published
2022-02-10
Section
Articles