APLIKASI POINT OF SALE MULTI OUTLET DAN MULTI PAYMENT BERBASIS WEB DAN ANDROID

  • Ainun Najib Universitas Madura
  • Muhammad Yasir Zain Universitas Madura
Keywords: point of sale, multi outlet, multi payment, web, android

Abstract

Banyaknya UMKM mengakibatkan persaingan satu sama lain yang ketat sehingga setiap unit usaha harus memberikan yang terbaik dari segi pelayanan, fasilitas, dan strategi penjualan dengan memanfaatkan data ataupun segala kegiatan transaksi yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat aplikasi point of sale multi outlet dan multi payment berbasis web dan android. Pada penelitian ini dilakukan beberapa tahapan dalam perancangan aplikasi point of sale multi outlet dan multi payment berbasis web dan android yaitu penumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem, rancangan basisdata, dan rancangan antarmuka. Hasil dari penelitian ini yaitu  Aplikasi point of sale multi outlet dan multi payment berbasis web dan android ini dapat memberikan data dan informasi penjualan yang akurat yang dibutuhkan oleh pemilik usaha restoran, dapat menjadi alternatif dalam memberikan kemudahan bagi kasir atau pelayan dalam mencatat pesanan karena cukup melalui aplikasi POS berbasis android dan menggunakan ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi android,  membantu manajer atau pemilik usaha untuk melihat laporan barang yang terjual perhari, perbulan dan juga pertahun melalui aplikasi back office point of sale berbasis web.

References

B. Prasetyo and U. Trisyanti, “Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan,” 2018, vol. 3, p. 3.

N. Wanita, “Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Manonda Palu,” Istiqra J. Has. Penelit., vol. 3, no. 2, pp. 250–279, 2015.

Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, “Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016 – 2017.” Kementerian Koperasi Dan UKM, 2018.

S. D. H. Permana, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 20–28, 2015.

S. V. KBBI Daring, “‘Toko’, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” 2019. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/toko (accessed Oct. 05, 2019).

T. I. F. Rahma, “Persepsi Masyarakat Kota Medan Terhadap Penggunaan Financial Technology,” -TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 184–203, 2018.

A. Priyono, “Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay,” J. Siasat Bisnis, vol. 21, no. 1, p. 88, 2017.

E. Febriyanto and U. Rahardja, “Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 2, 2018.

D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 2, pp. 227–240, 2016.

N. Wicaksono, S. Sarwosri, and D. Sunaryono, “Rancang Bangun Web Kustom Menggunakan Open Graph Protokol pada Studi Kasus Web Jurusan Teknik Informatika,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. A214–A218, 2018.

D. Rosmala, M. Ichwan, and M. I. Gandalisha, “Komparasi Framework MVC (CodeIgniter dan CakePHP) Pada Aplikasi Berbasis Web,” J. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 22–30, 2011.

D. D. Putri, “Pengembangan Learning Management System Menggunakan Framework Codeigniter dan Angularjs di PT. Xyz,” J. Sist. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 17–27, 2018.

D. P. Wijaya, D. Heksaputra, R. S. Wicaksana, and D. H. Gautama, “Pengembangan Aplikasi Adiba Msme Sebagai Penghubung Lembaga Keuangan Syariah Dengan Usaha Mikro Kecil Menengah,” Indones. J. Bus. Intell. IJUBI, vol. 2, no. 2, pp. 58–64, 2019.

Published
2020-10-17
Section
Articles