Komitmen Kebijakan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Sebagai Upaya Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja (Sudi pada Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Tani Mulyo Lamongan)

  • Noer Rafikah Zulyanti Alumni Program Magister Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)  MPS KUD Tani Mulyo Lamongan, mengetahui kesesuaian kebijakan K3 dengan peraturan yang berlaku, dan mengetahui komitmen kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai upaya perlindungan tenaga kerja pada MPS KUD Tani Mulyo Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sebagai obyek penelitian adalah Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Tani Mulyo Lamongan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling peneliti mengumpulkan data dari key informan, dan teknik probability sampling dari 469  karyawan produksi sebagai sample penelitian. Untuk mengetahui komitmen kebijakan K3 di MPS KUD Tani Mulyo, peneliti meneliti 4 elemen, yaitu sumber daya, komunikasi dan kepedulian, pelatihan dan kompetensi, dan tugas dan wewenang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(a) MPS KUD Tani mulyo telah berkomitmen dengan kebijakan K3 sesuai dengan Permenaker Nomor PER.05/MEN/1996. (b) Elemen sumber daya, dengan telah  menepatkan organisasi K3 (P2K3) pada posisi yang dapat menentukan keputusan perusahaan, yaitu dengan diketuai oleh direktur utama secara langsung, menyediakan sumberdaya manusia, sarana dan anggaran/dana yang diperlukan di bidang K3. (c) Elemen komunikasi dan kepedulian, MPS KUD Tani Mulyo hendaknya perlu memperhatikan motivasi karyawan dalam berperilaku sehingga tujuan akhir proses komunikasi dapat tercapai yaitu berperilaku aman dan dengan menerapkan sistem hadiah dan hukuman dalam penerapan K3. (d) Elemen pelatihan dan kompetensi, MPS KUD Tani Mulyo melaksanakan pelatihan secara internal dan eksternal untuk meningkatkan kompetensi personel dalam bidang K3. (e) Elemen tugas dan wewenang MPS KUD Tani Mulyo telah menetapkan personel yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang yang jelas. (f) MPS KUD Tani berhasil dalam komitmennya untuk melindungi karyawannya  dengan  keberhasilan penerapan kebijakan K3, hal ini dapat dibuktikan dengan  selalu diraihnya penghargaan zero accident  (kecelakaan nihil) sejak tahun 2003 sampai dengan tahun 2011.

 

Kata kunci :  kebijakan K3, komitmen, perlindungan tenaga kerja

References

Admosudirdjo, S. Prajudi, Dr., Prof., 1982, Administrasi dan Managemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bird, E, Frank, 1989, Commitmen. Georgio: Institute Publishing Loganville.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, 4 Juli 2012, Sosia-lisasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Keraj (SMK3).

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, 7 Juli 2012, Sosia-lisasi SMK3 : Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Rangka Terwujud-nya Budaya K3 di Jawa Timur.

Dunn, N, William, 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi kedua. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Dye, Thomas R., 1992, Understanding Public Policy. Englewood Clifts, New Jersey USA : Prince Hall.

Edwards III, C, George, 1980, Implementing Publick Policy. United State of America (USA) : Congressional Quarterly Press.

Irfan, Islamy, 1997, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara, Cetakan kedelapan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ismail, Nawawi, M.Si., M.P.A., Dr., Prof., H., 2009, Perilaku Administrasi : Kajian, Teoritik, dan Pengantar Praktik. Surabaya : ITS Press.

Judge dan Robins SP, 2007, Perilaku Organi-sasi. Jakarta : Salmenba Empat.

Kementrian Tenega Kerja dan Transmigrasi RI Direktorat Jendral Pembinaan Penga-wasan Ketenagakerjaan, 2011, Peraturan Perundangan dan Pedoman Teknis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Kementrian Tenega Kerja dan Transmigrasi RI Direktorat Jendral Pembinaan Penga-wasan Ketenagakerjaan Direktorat Penga-wasan Norma K3, 2012, Peraturan Peme-rintah RI Nomor 50 Tahun 2012.

Leopold, John (edited), 2002, Human Resour-ces in Organisations. England : Ashford Colour Press. Ltd.

Mangkunegara, Prabu, A.A. Anwar, M.si., Psi., Drs., 2005, Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda-karya.

Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Tani Muyo Lamongan, 2010, Manual Sistem Manajemen Lingkungan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Nazir, Mohammad, Ph.D., 2009, Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ramli, Soehatman, 2010, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja : OHSAS 18001. Jakarta : Dian Rakyat.

Rosyidi, Suherman, M.Com., Drs., Ec., Pengantar Teori Ekonomi. Surabaya : Duta Jasa.

Siagian, P, Sondang, 1996, Bunga Rampai Manajemen Modern. Jakarta : PT. Gunung Agung.

Simanjuntak, Payaman J, 1985, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta : LPFE UI.

Sopiah, 2008, Perilaku Organisasi. Yogya-karta: Andi.

Suma’mur, P.K, M.Sc., Dr., 1987, Kese-lamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta : PT. Saksama.

Suma’mur, P.K, M.Sc., Dr., 1988, Hiegene Perusahaan dan Keselamatan Kerja. Jakarta : PT. Saksama.

Sugiyono, Dr., Prof., 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supardi, Adi, Perbedaan Administrasi Negara dan Niaga, URL : http://adisupardi. blogspot.com, 23 Juli 2009.

Syartini, Titi, 2010, Laporan Penelitian: Pene-rapan Sisitem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Indo-food CBP Sukses Makmur Divisi Noodle Cabang Semarang.

Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Ten-tang Ketenagakerjaan.

Usman, Hardius dan Nachrowi, D, Nachrowi, 2006, Pendekatan Popoler dan Praktis : Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta : LPFE UI.

Widodo, Joko, MS., Dr., 2003, Bunga Ram-pai: Teori, Konsep, dan Issue Strategik kontemporer Administrasi Publik (Diktat Kuliah). Program Studi Magister Admi-nistrasi (MA) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Published
2013-12-01