Paradigma Penelitian Kualitatif Dalam Bisnis

  • Nanis Susanti Fakultas Ekonomi Untag Surabaya

Abstract

Perbedaan cara pandang dalam menghasilkan pengetahuan baru, dan kemampuan masing-masing pendekatan dalam menghasilkan generalisasi telah menimbulkan pertentangan (kontroversi) diantara ilmuwan dan peneliti. Masing-masing dengan paradigmanya sendiri, positivis (kuantitatif) atau interpretif (kualitatif). Observasi dengan mengandalkan sedikit sampel merupakan sumber pertentangan dalam menetapkan generalisasi hasil penelitian.  Banyak penelitian konsumen telah berlangsung dan menambahknan beberapa dasar studi kualitatif dengan mulai mempelajari, menyaring, mengembangkan, dan adanya kebutuhan yang sangat kuat untuk menerapkan metode penelitian kualitatif.  Perlawanan intelektual masih berlangsung diantara partisan pendekatan nomotetic (menjelaskan fenomena obyektif) dan partisan studi idiographic (menjelaskan fenomena subyektif).  Artikel ini berkaitan dengan penelitian kualitatif perilaku pelanggan online yang bertujuan mengeksplorasi kualitas layanan (e-Servqual) yang menumbuhkan kepuasan (e-Satisfaction) dan membentuk loyalitas (e-Loyalty).    

Kata kunci: penelitian kualitatif, logika induktif, toko online, ulasan pelanggan

References

Ahmed, J.U. 2010. Documentary Research Method: New Dimensions, Indus Journal of Management & Social Sciences 4 (1): 1-14.

Chariri, A. 2009. Landasan Filsafat dan metode Penelitian Kualitatif. Makalah Workshop

Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/577/1/

Creswell, J.W. 1994. Research Design: Quali-tative & Quantitative Approaches SAGE Publications. California

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Cetakan ke-1. PT RAJA GRAFINDO. Jakarta.

Hyde, K.F. 2000. Recognising Deductive Processes in Qualitative Research, Qualita-tive Market Research: An International Journal 3 (2): 82-89.

Kuswarno, E. 2009. Fenomenologi: Metodo-logi Penelitian Komunikasi, Widya Padja-djaran.

Levy, S.J. 2005. The Evolution of Qualitative Research in Consumer Behavior. Journal of Business Research 58: 341– 347.

Mogalakwe, M. 2006. Research Report: The Use of Documentary Research Methods in Social Research. African Sociological Revi-ew 10 (1): 221-230.

Mudambi, S.M. dan Schuff, D. 2010. What Makes a Helpful Online Review?: A Study of Customer Reviews on Amazon.Com. MIS Quarterly 34 (1): 185-200.

Myers, M.D. 2009. Qualitative Research in Business & Management, First Published. SAGE Publications Ltd. London

Pace, S. 2008. YouTube: An Opportunity for Consumer Narrative Analysis? Qualitative Market Research: An International Journal 11 (2): 213-226.

Patterson, A.2005. Processes, Relationships, Settings, Products and Consumers: The Case for Qualitative Diary Research. Quali-tative Market Research: An International Journal 8 (2): 142-156.

Reppel, A.E., Szmigin, I. dan Gruber, T. 2006. The iPod Phenomenon: Identifying a Market Leader’s Secrets through Qualita-tive Marketing Research. Journal of

Product & Brand Management 15 (4): 239-249.

Salim, A. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Cetakan Pertama, Tiara Wacana Yogyakarta

Tafsir, A. 2004. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan. PT Remaja BosdaKarya. Bandung.

Published
2013-01-01
Section
Articles