STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK TUNA GRAHITA SD KELAS AWAL DI SDLB PEMBINA TINGKAT I CILANDAK LEBAK BULUS JAKARTA SELATAN

  • Rika Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI pada anak tuna rahita SD Kelas Awal di SDLB Pembina Tingkat I Cilandak Jakarta Selatan pada tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah peserta didik tunagrahita SD Kelas Awal dengan kategori tunag rahita ringan (C) dan sedang (C1) yang berjumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data meliputi reduksi, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Prosedur dilakukan dengan mengadakan reduksi, selanjutnya mengadakan display data yang didapat dari lapangan dan setelah mengadakan pengolahan dan pengamatan atas hasil dari penelitian, selanjutnya dilakukan penyimpulan dan diakhiri dengan verifikasi untuk mendapat validitas kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran telah terlaksana dengan cukup baik. Perencanaan pembelajaran (kurikulum) PAI mengacu kepada kurikulum SD umum dan belum dilakukan modifikasi, substitusi, ataupun omisi. Modifikasi kurikulum baru dilakukan atas inisiatif dan kreativitas guru. Pelaksanaan pembelajaran yang terkait dengan tujuan, materi, metode, media, dan asesmen perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing anak secara individual karena kemampuan peserta didik tidak dapat dipersamakan dan distandarisasikan. Evaluasi hasil pembelajaran baik yang terkait dengan prosedur, mekanisme, cara dan alat yang digunakan sama seperti yang dilakukan pada SD umum. Namun telah terjadi modifikasi pada bentuk soal, tidak diberlakukan ujian nasional (UN) melainkan ujian sekolah untuk evaluasi akhir program. Kata kunci: peserta didik tuna grahita, strategi pembelajaran

References

Arifin, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta, Hidakarya, 2001.

Badruzaman, Ahmad. Strategi dan Pendekatan dalam Pembelajaran. Yogyakarta, Ar Ruuz

Borich, Gary, D. Effective Teaching Methode. Thir Edition. Ohio, Merill an Imprint of

Prentice Halll, 1996.

Carloz F. Diaz, Carol Marra Pelleiter dan Eugene F. Provenzo Jr., Touch the Future Teach,

Boston, Pearson Education Inc., 2006.

Depdiknas, Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif: Pedoman Khusus

Kegiatan Pembelajaran, Jakarta, Depiknas, 2006.

E Woolfolk, Anita. Educational Psycho and the Classroom Teacher. Boston, Allyn and

Bacon.

Humaidi, M.K. Model-Model Pembelajaran Kreatif., Bandung, Rosdakarya, 2006.

Mansyur, Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta, Forum, 1981.

Masitoh, dkk, Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak, Jakarta, Depdiknas, 2005.

M. Gagne, Robert, Essentials of Lerning for Instruction, Florida, Deiden Press, 1975.

Mohammad Ansyar, Kurikulum dalam Menyongsong Otonomi Pendidikan di Era

Globalisasi, Peluang, Tantangan, dan Arah, dalam jurnal Pendidikan Islam TADIB,

Maret 2002, (No. 04), ISSN 1401-6773, Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Patah

Palembnag.

NK, Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 1991.

Syah Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja

Rosdakarya.

S. Nasution. 1984. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bina

Aksara.

S. Vargas, Julie. Behavioral Psychology for Teachers. New York, Harper and Row

Publishers.

Zuhairini dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Pustaka Firdaus, 2004.

Published
09-04-2021