ANALISIS PELAYANAN POS PEMBINAAN TERPADU LANJUT USIA KENARI DI KELURAHAN KERANGGAN KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN

  • Sugiyanti Sugiyanti
  • Retnowati WD Tuti

Abstract

Latar Masalah, pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik baik oleh Pemerintah, masyarakat maupun swasta. Penelitian ini membahas tentang pelayanan kepada manusia lanjut usia, yang diberikan oleh para kader yang merupakan bagian dari masyarakat. Kader bekerja tanpa digaji dan dapat mendapat bimbingan dari bidan puskesmas. Fasilitas pelayanan seadanya, lansia tidak dipungut bayaran. Pelayanan kesehatan di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lansia berjalan apa adanya. Bagaimana kualitas pelayanannya ? menarik untuk diteliti karena pelayanan dilaksanakan berdasarkan keikhlasan pengurus Posbindu dan bidan yang membinanya, begitu pula Posbindu Lansia di Kelurahan Keranggan Tangerang Selatan. Rumusan Masalah:1). Bagaimanakah deskripsi pelayanan Pos Pembinaan Terpadu Lanjut Usia Kenari Di Kelurahan Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan?; 2). Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat pelayanannya? Tujuan Penelitian, untuk:1).Mengetahui pelayanan Pos Pembinaan Terpadu Lanjut Usia Kenari; 2).Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat nya. Penelitian Terdahulu:1). Miftakul Jannah, 2016 : “Pelayanan Prima Pada Posyandu Lansia Di Pondok Kesehatan Desa (PONKESDES), Desa Karangdiyono Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, hasil Penelitian: pelayanan berjalan dengan baik, walaupun ada masalah; 2). Pelayanan Prima Posyandu Lansia Di Puskesmas Jagir Kota Surabaya, Nurul Fadlilah, Laelly (2015) hasil penelitian: Hak dan kewajiban pemberi dan penerima layanan sudah terpenuhi. Sementara penelitian ini menggunakan Pisau Analisis yang digunakan adalah Teori Zaithaml, Parasuraman dan Berry tentang pelayanan yang baik dengan indikator : tangibles; reliability; responsiveness; assurance dan emphaty. Metode Penelitian: Diskriptif, dengan Pendekatan: Kualitatif; Teknik Pengumpulan Data : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi; Teknik Penentuan Informan: Purposif dan Accidental Sampling; Teknik Analisis Data: menggunakan pendapat Miles & Huberman. Uji keabsahan data : Triangulasi (Moleong). Hasil Penelitian: Pelayanan kepada lansia Kenari oleh bidan dan kader Pos bindu cukup baik, dari sisi: Kehandalan, Daya Tanggap, dan Empati. Terdapat 2 indikator yang belum baik, yaitu : Tangible dan Assurance. Kesimpulan : Pelayanan Posbindu dilaksanakan cukup baik. Faktor Pendukung: akses jalan mudah, Ramah, Sabar, Sopan dan Rapih; sesuai prosedur, responsif. Faktor Penghambat: gedung/ruang permanen belum ada; Kurang lengkap peralatan kesehatan. Kurang sosialisasi, terbatas jumlah obat, dana terbatas. Saran: tambah jumlah kursi tunggu dan meja pelayanan, makanan tambahan sesuai standard puskesmas; lengkapi peralatan kesehatan; peningkatan sosialisasi; penambahan jumlah obat; pelatihan untuk kader, menjalin networking lebih luas untuk penggalian dana. ANALISIS PELAYANAN POS PEMBINAAN TERPADU LANJUT USIA KENARI DI KELURAHAN KERANGGAN KECAMATAN SETU KOTA 654 Kata Kunci : Pelayanan Publik, Pos Pembinaan Terpadu, Lansia.

References

Hardiyansyah, Dr. 2011. Kulitas Pelayanan Publik : konsep,dimensi,indikator, dan

implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kurniawan, J Luthfi dan Mokhammad Najib. 2008. Paradigma Kebijakan PelayananPublik.

Malang : In Trans.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung Remaja

Rosdakarya.

Notoatmodjo, soekidjo. 2008. Sosiologi untuk kesehatan. Jakarta. Salemba Medika.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 25 Tahun 2016 Tentang Rencana Aksi Nasional

Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016 – 2019

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan

Implementasi). Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung. ALFABETA.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. M.Si, Drs, 2003. Kebijakan Publik yang Membumi, Konsep,

Strategi dan Kasus.Yogyakarta: Lukman Offset dan YPAPI.

Published
2021-04-09