Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JIREKTI) bertujuan untuk mengakomodasi riset di bidang teknologi informasi, sistem informasi dan rekayasa teknologi informasi. JIREKTI dipublikasikan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. 

Jurnal kami menerbitkan riset dalam bidang sistem informasi, kecerdasan bisnis dan teknologi informasi. Cakupan area jurnal kami adalah:

1. Manajemen dan Sistem Informasi

2. IT Governance (Tata Kelola Teknologi Informasi)

3. Teori dan Penerapan Sistem Informasi

4. Data Analisis

5. Kecerdasan Bisnis

6. Sistem Komputer

7. Rekayasa Perangkat Lunak

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua artikel yang dikirimkan harus berupa hasil karya asli dan tidak menjiplak. Semua artikel yang dikirimkan akan melalui proses blind review. Editor melakukan penyaringan awal berdasarkan Daftar Kiriman Penulis. Jika naskah sudah memenuhi standar jurnal dasar, maka akan diproses menjadi proses peer review. Setidaknya 2 reviewer independen akan mengevaluasi naskah. Berdasarkan laporan peninjau dan rekomendasi, Editor memutuskan apakah akan menerima atau menolak artikel. Editor akan mempertimbangkan semua pandangan dan dapat meminta pendapat ketiga jika perlu. Keputusan akhir yang dibuat oleh Editor tidak dapat diajukan banding. Semua kiriman akan disaring untuk plagiarisme menggunakan TURNITIN.


Standar Waktu Pengerjaan Naskah

Skrining awal (perkiraan waktu 3- 7 hari)

Pemimpin Redaksi dan Wakil Pemimpin Redaksi mendapatkan pemberitahuan email jika naskah baru dikirimkan ke sistem jurnal terbuka. Pemimpin Redaksi atau Wakil Pemimpin Redaksi membuat penilaian awal terhadap naskah, pada saat ini naskah dapat ditolak jika tidak memenuhi kriteria jurnal dasar. Naskah dibagikan ke Editor untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas terkait perbaikan yang perlu dilakukan dan menentukan siapa yang akan mengundang reviewer.

Proses peer review (perkiraan waktu 2-4 minggu)

Setidaknya 2 reviewer akan mengevaluasi naskah. Reviewer diundang berdasarkan keahliannya di bidang terkait, dibuktikan dengan rekam jejak penelitian (menggunakan profil peneliti di Scopus, Google Cendekia, Mendeley, atau Publons). Peninjau diharapkan memberikan evaluasi dan komentar dalam 2 minggu. Jika reviewer tidak setuju untuk mengulas atau tidak menanggapi setelah 1 minggu, reviewer baru akan diundang. Peninjau akan diberikan formulir evaluasi. Pemimpin Redaksi atau Wakil Pemimpin Redaksi mempertimbangkan tinjauan dan menentukan apakah akan menerima, menolak, atau meminta revisi. Keputusan setelah proses peer-review akan dikirim ke penulis jika setidaknya 2 reviewer telah mengembalikan hasil review. Dalam kasus, jika anggota editorial mengirimkan sebuah naskah, dia tidak boleh terlibat dalam keputusan naskahnya sendiri.

Revisi penulis (perkiraan waktu 2-4 minggu)

Dalam surat keputusan setelah proses peer-review, editor memberikan rekomendasi tentang bagaimana meningkatkan manuskrip bersama dengan komentar peer reviewer. Editor akan membuat permintaan revisi atas komentar atau saran pengulas. Permintaan revisi bisa kecil atau besar. Dalam kedua kasus tersebut, penulis memiliki kesempatan untuk memperbaiki naskah dan menyerahkan revisi untuk dipertimbangkan. Umumnya, penulis diminta untuk "menyerahkan daftar revisi yang telah diselesaikan" saat mengirimkan kembali naskah. Penulis akan diberi waktu tertentu untuk memperbaiki naskah. Ini berkisar antara 1 sampai 4 minggu, tergantung pada laporan review. Namun jika penulis membutuhkan waktu yang lebih lama. Penulis dapat menulis kepada editor meminta waktu tambahan. Jika revisi tidak dikirimkan dalam waktu yang ditentukan, artikel akan diarsipkan.

Keputusan editorial (maksimal 2 minggu setelah revisi penulis)

Naskah yang direvisi dapat dievaluasi kembali oleh editor  untuk memastikan bahwa semua komentar peer reviewer telah ditangani dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk mengetahui bahwa permintaan revisi jurnal tidak menjamin penerimaan akhir. Kemudian Pemimpin Redaksi atau Wakil Pemimpin Redaksi akan membuat keputusan atas naskah yang telah direvisi. Keputusannya meliputi: Diterima, karena bisa langsung dipublikasikan. Ditolak, karena dapat dievaluasi ulang setelah direvisi (umumnya, naskah memiliki masalah teknis utama, kejelasan isi dan penyajian) Penulis akan dikirimi konfirmasi penerimaan untuk publikasi. Jika diterima, penulis akan dikirimi email tentang tahapan selanjutnya.

Pengeditan salinan, tata letak, dan koreksi (perkiraan waktu 4 minggu)

Setelah diterima, naskah akan disalin dan disusun menjadi beberapa halaman. Penulis dapat diminta untuk mengoreksi naskah sesuai hasil copy-editing. Penulis akan dikirimi bukti halaman PDF untuk komentar dan persetujuan selanjutnya. Membuat perubahan pada artikel setelah publikasi Sangat penting bagi penulis untuk memeriksa dengan cermat bukti PDF akhir sebelum dipublikasikan karena kami tidak dapat melakukan koreksi pada artikel yang diterbitkan. 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Tentang Kami

Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JIREKTI) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Sistem dan Rekayasa Informasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September

 

Editor

Editor In Chief : Luvia Friska Narulita, S.ST, M.T
Editor on Board :

1. Dr. Fajar Astuti Herawati, S.Kom, M.Kom

2. Supangat, S.Kom, M.Kom

3. Geri Kusnanto, S.Kom, MM

Mitra Bestari:

1. Siti Mutrofin, M.Kom (Unipdu Jombang)

2. Dr. Basuki Rahmat (UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya)

3. Diah Risqiwati, S.T, M.T (Universitas Muhammadiyah Malang)