Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Disiplin Kerja Prajurit Di Satuan Kerja KRI X Armada RI Kawasan Timur

  • Riyadi Nugroho Dosen Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Pembangunan di bidang pertahanan saat ini telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dan diiringi dengan tantangan yang sangat dinamis sehingga organisasi dan personel TNI harus mampu menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Hal ini menuntut individu pengawak KRI untuk memiliki disiplin serta motivasi yang baik. Untuk meningkatkan disiplin  serta motivasi personel dapat dilakukan dengan pemberian kompensasi dan lingkungan kerja yang memadai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis : (1) pengaruh pemberian kompensasi terhadap disiplin dan motivasi kerja; (2) pengaruh kondisi lingkungan kerja terhadap disiplin kerja; (3) pengaruh motivasi kerja terhadap disiplin kerja. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan seluruh populasi (total sampling) yaitu sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompensasi dan lingkungan kerja sebagai variabel independen serta  motivasi kerja dan disiplin kerja sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan software  Smart PLS (Partial Least Square). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja; (2) variabel kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin kerja; (3) variabel lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja; (4) variabel lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin kerja; (5) variabel motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin kerja.

Kata Kunci: Kompensasi, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja

References

A.A Gede Kresnayana Pramana dan I Nyoman Sudharma. 2013. Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Fisik dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada LPD Desa Adat Jimbaran. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali, Vol 2, No 9, 2013.

Anonim (Tanpa tahun). Daftar Perkembangan Perkara anggota Kesatuan X, periode tahun 2012-2013.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multiva-riate dan Program SPSS. Semarang: Uni-versitas Diponegoro.

Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Kotler, P. 1985. Managemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

I Made Yusa Dharmawan. 2011. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Disiplin dan Kinerja Kar-yawan Hotel Nikki Denpasar. Tesis, Pasca Sarjana Universitas Udayana Bali.

Indriyani, Lies. 2009. “Analisis Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terha-dap Produktivitas Kerja Perawat Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Medi-asiâ€, Jurnal Ekonomi Manajemen Akun-tansi, No. 26, Th. XVI, pp. 117-127.

Moekijat. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV.Mandar Maju.

Nawawi, Hadari. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompe-titif. Yogyakarta : Gadjah Mada Univesity Press.

Nitisemito., dan C. Alex S. 1989. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar, Edisi Revisi.

Publikasi Umum TNI AL (PUM-6.02.007). 2012. Buku Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Prajurit dan PNS di Lingkungan TNI Angkatan Laut. Penge-sahan Keputusan Kepala Staf TNI Ang-katan Laut, Nomor Kep/1654/XI/2012. Tanggal 6 November 2012.

Siagian. P. S. 2004. Teori Motivasi dan Apli-kasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sihombing, Umberto. 2004. Pengaruh Keterli-batan Dalam Pengambilan Keputusan, Penilaian pada Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi TerhadapKepuasan Kerja. Jakarta: Pamong Praja.

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ke-3. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sinungan, M. 2002. Produktifitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, (2011), “Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan partial Least Square Path Mode-lingâ€,Penerbit Salemba Infotek, Jakarta.

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuanti-tatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfa-beta.

Sunyoto, D. 2013. Metode dan Instrumen Penelitian (untuk Ekonomi dan Bisnis). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Yoti Gama Hita, Ari Pradhanawati, Wahyu Hidayat. 2012. “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Intervening Vari-abelâ€. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013. Univer-sitas Diponegoro Semarang.

Published
2014-04-01
How to Cite
Nugroho, R. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Disiplin Kerja Prajurit Di Satuan Kerja KRI X Armada RI Kawasan Timur. JMM17 : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 1(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v1i01.313
Section
Articles