EFEKTIVITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI KOTA SURABAYA

Wigati Aninditta Putri, Teguh Santoso

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di perpustakaan kota Surabaya. Peneliti menggunakan teknik sample random sampling incidental dengan populasi yang digunakan peneliti 5 petugas dan 10 pengunjung perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi secara langsung ke lapangan, wawancara kepada informan yang mengunjungi perpustakaan keliling dan dokumentasi saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena tertentu secara terperinci. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif. Pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif karena dari beberapa komponen yang ada dinilai kurang dalam memberikan layanannya. Komponen-komponen tersebut adalah sistem, mekanisme dan prosedur, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan. Kedelapan komponen inilah yang menjadi faktor penyebab pelayanan perpustakaan keliling dikatakan tidak efektif. Dengan diadakannya penelitian ini semoga bisa memperbaiki kembali pelayanan dari perpustakaan keliling yang ada di kota Surabaya dan memperbanyak armada perpustakaan keliling agar semua wilayah yang ada di Surabaya bisa menggunakan layanan perpustakaan keliling ini.

Kata kunci : Efektivitas, pelayanan, perpustakaan keliling

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka

Bharata, Atep.2004.Dasar-Dasar Pelayanan Prima.Jakarta:Alex Media Koputindo

Georgopolus dan Tanenbaum.1985.Efektivitas Organisasi.Jakarta:Erlangga

Hardjonoprakoso, Mastini. 1992. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Keliling. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Hayadiningrat, Soewarno.2002.Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen.Jakarta:Haji Masagung

Kurniawan, Agung.2005.Transformasi Pelayanan Publik.Yogyakarta:Pembaruan

Lincoln, Y S,Guba, E.G.1985.Naturalistic Inquiry.Beverly Hills:Sage Publication

Lubis & Husain.1987.Efektivitas Pelayanan Publik.Jakarta:Pustaka Binaman Presindo

Moleong, Lexy.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT.Alex Media Komputindo

Moenir, A.S.2002.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:Bumi Aksara

Moenir.2006.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:PT.Bumi Aksara

Muhammad,Ali.2006.Panduan Perpustakaan Keliling.Jakarta:Gramedia

Ravianto.1989.Produktivitas dan Seni Usaha.Jakarta:PT.Binaman Teknika Aksara

Sampara, Lukman, Sutopo.2003.Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI:Jakarta

Sondang P, Siagian.1987.Manajemen Modern.Jakarta: PT.Gunung Agung

Streers, M. Ricard.1985. Efektivitas Organisasi.Jakarta:Erlangga

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kombinasi.Bandung:PENERBIT ALFABETA

Sulistyo, Basuki.1993.Pengantar Ilmu Perpustakaan.Jakarta:Gramedia

Syukri, Agus Fanar.2009. Standar Pelayanan Publik.Yogyakarta:Kreasi Wacana

Wojowisoto, S.Manajemen Pelayanan Publik.Jakarta:Gramedia

sumber lain :

Blogger Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia

Undang-undang No.5 Tahun 2009 tentang pelayanan publik

www.surabaya.go.id




DOI: https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)






Jurnal Penelitian Administrasi Publik (JPAP)
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.