INDUSTRIALISASI PERTAMBAKKAN KABUPATEN SIDOARJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAKMURAN MASYARAKAT

  • Supriyati Perbanas Fakultas Ekonomi, STIE Perbanas Surabaya
  • Aniek Perbanas Fakultas Ekonomi, STIE Perbanas Surabaya
  • Meliza Perbanas Fakultas Ekonomi, STIE Perbanas Surabaya

Abstract

Kabupaten Sidoarjo sejak tahun 2012 telah menetapkan kecamatan Candi, Jabon dan Sedati sebagai kawasan minapolitan. Kawasan minapolitan ini diharapkan akan menjadi kawasan industrialisasi pertambakkan yang akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kawasan minapolitan diarahkan pada perubahan teknologi budidaya tambak, penciptaan jiwa kewirausahaan dan komersialisasi industri pertambakkan. Kegiatan ipteks bagi wilayah yang telah dilaksanakan selama tiga tahun ini bertujuan untuk mendukung dan melakukan pendampingan terwujudnya kawasan minapolitan di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan yang dilakukan berupa diskusi, pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani tambak yang ada di desa Kedung Peluk dan Gebang Kecamatan Candi Sidoarjo. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa pertama teknologi budidaya organik sangat tepat untuk kondisi lahan pertambakkan di wilayah itu khususnya setelah adanya lumpur lapindo. Kedua, munculnya wirausaha baru melalui kelompok bandeng badjuri yang dititikberatkan pada pengolahan hasil tambak mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ketiga, guna menunjang upaya mewujudkan minapolitan tersebut perlu didukung dengan peningkatan jejaring bersama pihak ketiga, dukungan infrastruktur pemerintah daerah, dukungan pihak akademisi. Kawasan minapolitan ini harus diwujudkan melalui kegiatan perancangan, sosialisasi, publikasi dan evaluasi yang berkesinambungan.Keyword: Minapolitan, Budidaya, Kewirausahaan, Komersialisasi.

References

Barokah, u. 2008. Strategi pengembangan perikanan tambak sebagai sub sektor unggilan di kabupaten sidoarjo. Penelitian tidak dipublikasikan.

Hafsah, m. J. 2004. Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah. Infokop, hal. 40-44.

Indonesia., p. P. U. 2008. Transformasi manajemen ukm. Sumber permondalan nasional madani, tanggal 3 maret 2011.

Institute, j. S. B. R. 2007. Small and medium enterprises: harnessing regional strength and confronting the changes. White paper on small and medium enterprises. Japan.

Tonnek, a. M. D. 2003. Prospek budi daya bandeng dalam karamba jaring apung laut dan muara sungai. Jurnal litbang pertanian, hal. 79-85.

Wulanditya., s. D. P. 2012. The sme perception toward the accounting standard without public accountability (sak-etap) and self assessment system for increasing voluntary tax compliance. International journal of business and management vol. 4.

Published
29-08-2017
Section
Articles