Iptek Bbgi Masyarakat Usaha Meningkatkan Pembelajaran Matematika yang Inovatif dan Menyenangkan Berbantuan Media Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar

Kusmiyati Kusmiyati, Ardianik Ardianik, Suharti Kadar

Abstract


Sekolah sebagai wadah pencetak generasi bangsa selalu menerapkan  berbagai  metode dan pengembangan media pembelajaran guna menjawab tuntutan jaman untuk menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi, pembelajaran matematika di sekolah dasar selama ini masih menggunakan metode konvensional seperti di SD Islam Maryam Surabaya sebagai mitra 1 dan SD Ahmad Yani Surabaya sebagai mitra 2.  Metode konvensional kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan caranya sendiri dalam memecahkan suatu masalah selain itu siswa hanya bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Di samping itu masih diperlukan pengembangan media yang merupakan salah satu alat bantu proses belajar mengajar dengan harapan siswa lebih mudah memahami dan senang dalam belajar.

Dengan adanya permasalahan yang muncul tersebut, perlu adanya pelatihan penggunaan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan, dan pengembangan media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode mathmagic dan media dakonmatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode mathmagic adalah metode yang memiliki model perhitungan perkalian dalam matematika yang berbeda dari metode konvensional yang biasa diterapkan disekolah-sekolah pada umumnya. Metode mathmagic dapat dikatakan merupakan metode yang cepat dalam perhitungan matematika, karena jika siswa menggunakan daya nalar, siswa dapat mengerjakan soal perkalian tanpa menggunakan buram kecuali dibutuhkan tapi tanpa kalkulator. Diharapkan dengan menggunakan metode mathmagic siswa mampu menghitung KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) dengan daya nalarnya, rasa percaya diri siswa bertambah, belajar menjadi mudah dan menyenangkan sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu media dakonmatika merupakan salah satu alat bantu untuk memahami operasi perkalian khususnya pada materi KPK dan FPB. Dakonmatika merupakan inovasi baru dalam media pembelajaran matematika yang dibuat mirip seperti permainan tradisional dakon dan memiliki aturan permainan. Media tersebut dibuat untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

Tujuan setelah pengabdian pada masyarakat dalam hal ini adalah dapat meningkatkan kemampuan dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan, penggunaan media pembelajaran, dan pengembangan media pembelajaran sebagai salah satu alat bantu dalam proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inovatif, Metode mathmagic, Media Dakonmatika

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2014. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Degeng, I. N. S. 2011.Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Adi Buana.

Heruman, 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran ( Mengembangkan Profesionalisme Guru ), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sadiman,dkk.2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yulia Linguistika dan Ikfan Febriyana.2012. Permainan Dakonmatika Sebagai Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Bagi Siswa Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.30996/jpm17.v3i01.1187

DOI (PDF): https://doi.org/10.30996/jpm17.v3i01.1187.g1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Vol.3 No.1 2018

Table of Contents

Articles

Candraningrat Candraningrat, Yosef Richo Adrianto, Januar Wibowo
PDF
Rahma Indah Yunita, Diana Zuhro
PDF
Imah Luluk Kusminah
PDF
Iramani Iramani, Tatik Suryani, Nurul Hasanah
PDF
Djuwari Djuwari, Kartika Marta, Gunasti Hudiwinarsih
PDF
Wardah Wardah, Sjamsul Arief, Hari Purnomo
PDF
Bambang Gunawan, Sri Purwanti, Nurlina Nurlina
PDF
Maria Agustini, Suzana Sri Hartini
PDF
Kusmiyati Kusmiyati, Ardianik Ardianik, Suharti Kadar
PDF