PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PENGEMBANGAN MARKETING WEBSITE DAN DESAIN KEMASAN PADA UKM BUMI CIPTA SEJAHTERA SURABAYA

  • Ardian Jaya Prasetya
  • Yunanto Tri Laksono
  • Wahyu Hidayat

Abstract

Pengembangan desain kemasan sangat diperlukan guna menghasilkan hasil dan kualitas dari kemasan yang lebih variatif. Kaitannya dengan perkembangan era 4.0  adalah kualitas dari produk yang akan dipasarkan juga terpengaruh dari label pada kemasan. Guna mencitrakan sebuah produk yang lebih unggul selain dari hasil kualitas pada produksinya. Dengan adanya kualitas produk dan kemasan yang menarik menjadikan produk yang dipasarkan kepada masyarakat bisa bersaing dengan baik dengan kualifikasi produk unggulan. Munculnya produk-produk unggulan lain yang memiliki kualifikasi yang baik juga menjadikan daya saing pada produk semakin beragam, entitas pada nilai produk tidak hanya dinilai dari segi kualitas produksi, higienitas, kemasan yang dipakai, namun juga dari kualifikasi branding pada kemasan. Tujuan yang didapatkan pada penyelenggaraan program ini yaitu pengembangan desain kemasan melalui teknologi dalam bentuk analog, digital (software), dan juga website, guna menunjang dan mengankat potensi masyarakat dalam memperluas kemampuan dan keunggulan produknya, sehingga pada proses pemasaran produk yang dihasilkan dapat lebih disebarluaskan tidak hanya pada wilayah lokal saja namun juga dapat disebarluaskan pada cakupan yang lebih luas yaitu nasional dan juga internasional. Pada kegiatan program yang dilakukan ini metode yang digunakan adalah pendampingan tentang bagaimana pelaku UKM dan UMKM dapat mengembangkan dasar dan pola pada produknya melalui desain kemasan dengan bentuk penggambaran desain menggunakan sketsa dasar gambar desain kemasan (analog), dan juga menggunakan desain dengan bentuk digital software. Proses pendampingan dilakukan secara langsung dimana pelaku UKM dan UMKM diberikan pembelajaran secara dasar sehingga diharapkan mampu mengembangkan inovasi dalam bentuk desain kemasarn yang lebih kreatif dan inovatif. Hasil akhir yang diberikan adalah berupa X-banner, dan juga peralatan dasar dalam membuat desain kemasan dasar. Dari bentuk hasil pada penelitian ini adalah pemberian label pada kemasan produk dalam bentuk botol dengan label dan kemasan yang terbaru. Diharapkan dengan hasil ini dapat menunjang potensi dalam pengembangan pemasaran.

 

Kata Kunci: Desain Kemasan, Website, UKM Bumi Cipta Sejahtera Guna Surabaya.

Author Biographies

Ardian Jaya Prasetya
Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Yunanto Tri Laksono
Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Wahyu Hidayat
Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

References

Candraningrat. 2017. Pengambilan Keputusan sebagai Wirausaha Muda dari Faktor Eksternal yang Memengaruhinya di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Business and Finance Journal, vol. 2, no. 1.

Candraningrat, Candraningrat, Yosef Richo Adrianto, and Januar Wibowo. "Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya." JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3.01 (2018).

Badan Pusat Statistik (BPS). 2008. Analisis Perkembangan Statistik Ketenagakerjaan (Laporan Sosial Indonesia 2007). Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Tanuwijaya, Haryanto, Achmad Yanu Alif Fianto, and Januar Wibowo. "IbM BAGI KELOMPOK BUDIDAYA JANGKRIK DI KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR." JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.01 (2016).

Santoso, Rudi, Candraningrat Candraningrat, and Lilis Binawati. "Elemen Kecerdasan Wirausaha Untuk Meningkatkan Kinerja Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Surabaya." BISMA (Bisnis dan Manajemen) 10.1 (2017): 73-89.

Sumiati, Kartika, Yuliar dan Mujanah, Siti. 2017. IbM Kelompok Usaha Batik Di Kelurahan Sutorejo Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian LPPM Untag, vol. 02, no. 03, hal 57 – 66.

Published
2020-01-29
Section
Articles