Aktivitas Yoiki Mentai dalam Menggunakan Endorsement Non- Selebriti Melalui Instagram Untuk Menciptakan Brand Awareness Di Sidoarjo

  • Trisya Apsari Ayuningtyas
  • Teguh Priyo Sadono
  • Widiyatmo Ekoputro

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan Instagram sebagai platform pemasaran untuk menciptakan brand awareness Yoiki Mentai di Sidoarjo melalui Endorsement Non-Selebriti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas Yoiki Mentai dalam menggunakan endorsement non-selebriti melalui instagram untuk menciptakan brand awarenessnya di Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kajian literatur Strategi Branding metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan sosiopsikologis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang, yaitu Founder Yoiki Mentai, Tim Marketing Yoiki Mentai dan pelanggan aktif Yoiki Mentai. Model analisis data yang peneliti gunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian teknik analisis data dan teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Yoiki Mentai menggunakan endorsement non-selebriti melalui instagram untuk menciptakan brand awareness melalui konsep dan pesan. Konsep yang dibawakan oleh 3 endorser sama-sama menggunakan konsep honest review dan pesan yang dibawakan dalam aktivitas endorsement ini mengarah pada pengenalan produk, brand, dan gambaran produk dengan pesan persuasif yang berhasil menciptakan Brand Awareness dan penjualan produk Yoiki Mentai.
Kata Kunci : Branding ,Endorsement,Yoiki Mentai, Brand Awarenes

References

Assael H, (2001), Consumen Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.

Belch, George E. & Michael A. Belch. (2012) Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Global Edition. New York: McGraw-Hill

Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited

Chafey, Dave et al. 2000 Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practic. England: Pearson Education Limited

Deddy Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Emy Susanti Hendarso. 2011 Metode Penelitian Sosial. Jakara: Kencana Prenada Media Group.

Gelder, S.V. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Ida Bagoes, Mantra. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Littlejohn, Stephen W & Karen A.

Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9.

Jakarta: Salemba Humanika

Published
2021-10-29