Perilaku Komunikasi Orang Tua dan Anak Selama Sekolah Online di masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Oebobo Kota Kupang Nusa Tenggara Timur)

  • Mas’amah Mas’amah
  • Apris A. Adu

Abstract

Wabah covid-19 telah merubah kebiasaan manusia, termasuk bidang pendidikan. Kondisi ini menyebabkan perubahan cara berkomunikasi diantara orang tua dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi orang tua dan anak selama sekolah online, serta untuk mengetahui hambatan dan solusi selama sekolah online. Konsep yang digunakan adalah perilaku komunikasi. Metode penelitian studi kasus. Informan penelitian 5 orang tua yang mempunyai anak sekolah online dan 5 anak yang sedang mengikuti sekolah online. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Temuan penelitian ini yakni: perilaku komunikasi yang dilakukan orang tua dan anak selama sekolah online adalah komunikasi verbal dan non verbal. Sedangkan hambatan yang dihadapi selama sekolah online adalah tidak memiliki hp android, tidak mempunyai paket data, jaringan internet tidak stabil, tidak melek teknologi, anak-anak tidak memahami materi yang dikirimkan guru, dan anak-anak kurang fokus saat belajar. Sedangkan cara mengatasi hambatan tersebut adalah orang tua mengambil materi pelajaran dan tugas di sekolah, membeli hp android, berusaha melek teknologi, orag tua berusaha menjelaskan materi yang belum di pahami oleh anak, dan anak berusaha bertanya pada teman, guru dan mencari informasi di internet, serta orang tua selalu berupaya mendorong anak-anak tetap fokus belajar.
Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Orang Tua dan Anak, Sekolah OnLine

References

A.M Hubermen, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (Edition 3). USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press.

BPS-Kota-Kupang. (2021, 10 6). Pendidikan. Retrieved from BPS.go.id: https://kupangkota.go.id/subject/28/pendidikan.html#subjekViewTab3

Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi Narko, J. B. (2008). Sosiologi: Teks pengantar dan Terapan, edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hardjana, A. M. (2013). Komunikasi Intrapersonal & Kiomunikasi Interpoersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kurniati. (2020, 04 10). Cerita pasien Positif Corona Virus NTT, hanya Rasakan Meriang. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2020/04/10/17190181/cerita-pasien-positif-corona-pertama-di-ntt-hanya-rasakan-meriang?page=all

Latif, A. (2007). Pendidikan Berbasi Nilai Kemasyarakatan. Bandung: PT Refika Aditama.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: serba Ada Serba Makna. Jakarta: kencana Perdana Media Group.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Notoatmojo, S. (2003). Pengembangan sumber daya Manusia. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Putria, H. (2020). Analis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Dariung) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 2580-3735.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyatno, D. N. (2011). Sosiologi: teks pengantar dan terapan, Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vembrianto, S. (1984). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Paramita.

Wood, J. t. (2009). Communication i Our Lives, Sixth Edition. Boston: Wadswoth Publising.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Media Group.

Published
2021-10-29