Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19

  • Mochamad Maulana Ibrahim
  • Rahmat Edi Irawan

Abstract

Perkembangan platform media sosial telah meningkat secara signifikan di era internet saat ini. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah platform media sosial dapat memudahkan khalayak dalam mencari informasi terutama di masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui kebutuhan khalayak dalam memaknai konten media sosial channel YouTube Kompas TV sebagai sumber informasi khalayak dalam mencari informasi seputar Covid-19. Perolehan hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan sebuah referensi dalam bidang akademis maupun praktisi dengan konteks informasi Covid-19 pada media sosial channel YouTube Kompas TV. Penelitian ini berfokus pada konsep konten media sosial channel YouTube Kompas TV, sumber informasi tentang Covid-19 dan teori Uses and Gratification. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling pada mahasiswa dan mahasiswa fakultas komunikasi Al-Azhar angkatan 2021 dengan kriteria sebagai subscriber channel Kompas TV. Teknik pengumpulan data dilakukan secara online melalui link Google Form dengan tingkat pengukuran skala Likert 7 poin. Teknik analisis yang digunakan untuk Uji Konfirmasi adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan teknik Analisis Linear Sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konten media sosial channel YouTube Kompas TV berpengaruh signifikan terhadap sumber informasi tentang pandemi Covid-19.

Kata kunci: Konten Media Sosial, Pandemi Covid-19, Sumber Informasi.

References

Andika, R., Williams, C., Kao, C. T., Al-Battah, H., Alweis, R., & Lee, Y. J. (2021). YouTube source of information COVID-19 pandemic. Journal of Community, 11(1).

Appelgren, E. (2021). Media Management During COVID-19 Behavior of Swedish Media Leaders in Times of Crisis. Journalism Studies.

Azak, M., Sahin, K., Suzan, Y., & Korkmaz, N. (2021). YouTube as a resource for COVID-19 information for children. Journal of Pediatric, 7.

Chan, L., & Idris, N. (2017). Validity and Reliability of The Instrument Using Exploratory Factor Analysis and Cronbachâ?™s alpha. International Journal of Research and Social Sciences, 7(10).

Gabore, S. M. (2020). Western and Chinese media representation of COVID-19 news coverage Africa. Journal of Communication, 30(5). https://doi.org/10.1080/01292986.2020.1801781

Gómez & Quevedo. (2018). Connecting withaudiences in new markets: Netflix´s Twitter strategy in Spain. Journal of Media Business Studies, 15(2), 127–146. https://doi.org/10.1080/16522354.2018.1481711

Hardyanti, W. (2017). Diskrepansi Kepuasan Pembaca Media Online Islam: Studi Komparatif Kesenjangan Kepuasan Membaca Situs eramuslim.com di Kalangan Dosen dan Mahasiswa di Malang. JURNAL SOSIAL POLITIK. https://doi.org/10.22219/sospol.v3i1.4968

Huang, G. (2020). Platform Variation and Content Variation on Social Media: A Dual-Route Model of Cognitive and Experiential Effects. Journal of Promotion Management, 26(3), 396–433. https://doi.org/10.1080/10496491.2019.1699633

Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1).

Khan, M. L. (2017). Social media engagement of Motivates user YouTube participation and consumption. Computers in Human Behavior, 66, 236–247. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.024

Kozinets, V. R. (2019). YouTube utopianism: Social media profanation and the clicktivism of capitalist critique. Journal of Communication Business, 98(July 2017), 65–81. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.01.019

Lele, G. (2021). Concurrency as crisis decision-making governance: Lessons from Indonesia’s response to the COVID-19 pandemic. Regional and Federal Studies, 0(0), 1–26. https://doi.org/10.1080/13597566.2021.1960513

Mastley, C. P. (2017). Social Media and Information Behavior: A Citation Analysis of Current Research from 2008–2015. Serials Librarian, 73(3–4), 339–351. https://doi.org/10.1080/0361526X.2017.1356420

Ningrum, dwi kusuma. (2019). HUBUNGANTERPAAN PEMBERITAAN AKSI TERORIS PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT KELAPA DUA DEPOK TENTANG CITRA ISLAM.

Pujianto, E. S. (2021). PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN BERITA TERTULIS DI KOMPAS.COM DAN BERITA AUDIO VISUAL DI INSTAGRAM KOMPAS TV MENGENAI VAKSIN COVID-19. PROGRAM STUDI JURNALISTIK FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI TANGERANG.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). THE INFLUENCE OF YOUTUBE ON SMARTPHONE TOWARDS DEVELOPMENT OF CHILD ’ S INTERPERSONAL COMMUNICATION. 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Ryan, S. D., Shawan, Strand, N., Vogt, M. N. P., Anderson, A., & Olatoye, O. (2020). YouTube as a source of medical information on the novel coronavirus 2019 disease (COVID-19) pandemic. Public Communication, 15(7).

Salaudeen, M. A., & Onyechi, N. (2020). Digital media vs mainstream media: Exploring the influences of media exposure and information preference as correlates of media credibility. Cogent Arts and Humanities, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2020.1837461

Sedláková, R., Lap?ík, M., & Burešová, Z. (2019). Media representation of the US 2016 presidential elections in Radio broadcast on Czech. Journal of International Communication, 25(2).

Shrestha, N. (2021). Factor Analysis as a Tool for Survey Analysis. Journal of Applied Mathematics and Statistics, 9(1).

Vraga, E. K., & Tully, M. (2021). News literacy, social media behaviors and skepticism information on social media. Information Communication and Society, 24(2). https://doi.org/10.1080/1369118X.2019.1637445

Zaqiwali, B., Puspadarmaja, N., & Agustiningrum, H. (2021). Representasi Platform Video Streaming dalam Kepuasan Penonton. Jurnal Syntax Admiration, 2(7).

Published
2021-10-29