Strategi Manajemen Krisis Perusahaan Adidas (Kasus : Kontroversi Desain Wayang)

  • Nikolaus Ageng Prathama Universitas Diponegoro
  • Rukti Rumekar Universitas Diponegoro

Abstract

Abstrak

Kesalahan penyebutan asal-usul Wayang Kulit dari Malaysia pada akun Instagram resmi perusahaan Adidas @adidasph dan @adidassg, memunculkan reaksi negatif dari netizen. Ribuan komentar dan tanggapan diekspresikan netizen, sehingga menciptakan situasi krisis yang berpotensi mengancam reputasi perusahaan Adidas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen krisis yang dilakukan oleh perusahaan Adidas untuk meminimalisir dampak negatif krisis serta menjaga relasi jangka panjang dengan khalayak. Penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivis dengan Pendekatan Case Study untuk memahami dunia konstruksi aktor sosial (manajemen perusahaan Adidas) dalam melaksanakan berbagai strategi manajemen krisis. Adidas menerapkan dua strategi manajemen krisis yaitu Rebuild dan Bolster Strategies. Secara dominan, Rebuild Strategies diterapkan dengan menggunakan pendekatan budaya kolektivistik. Sedangkan Bolster Strategies dilakukan  untuk menjaga relasi jangka panjang perusahaan Adidas dengan khalayak atau stakeholders.

Kata Kunci : Manajemen Krisis, Adidas, Wayang Kulit

Published
2022-04-30