Hirarki Pengaruh Penentuan Kebijakan Redaksional Harian Bhirawa

  • Wahyu Kuncoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Harian Bhirawa dengan motto Mata Rakyat Mitra Birokrat merupakan media lokal di Provinsi Jawa Timur yang masih tetap eksis hingga menginjak usia ke 54 tahun sekarang ini. Dalam perjalanan kesejarahannya, Harian Bhirawa memilih pangsa pasar atau pelanggan yang  khusus. Pernah menjadi koran militer, koran politik dan sejak 1998 hingga sekarang memilih pangsa pasar birokrasi pemerintahan. Dengan pemilihan  pangsa pasar yang tersegmentasi secara khusus tersebut membuat penelitian terhadap kebijakan  redaksional Harian Bhirawa menjadi penting untuk dilakukan.

Kebijakan redaksional Harian Bhirawa menjadi salah satu faktor penentu sehingga media ini masih tetap eksis hingga saat ini. Untuk meneliti bagaimana kebijakan redaksional Harian Bhirawa, peneliti mencoba mendekatinya dengan memakai teori yang dikemukakan Pamela J Shoemaker dan Stephen D. Reese yakni Hirarki Pengaruh terhadap isi media. Dalam penjelasannya, Shoemaker – Reese menjabarkan adanya pengaruh terhadap isi pemberitaan media yang dibagi dalam lima level pengaruh yakni pengaruh  dari individu pekerja media, rutinitas media,  organisasi media, pengaruh di luar media, dan ideologi.

Hasil penelitian memakai pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi didapatkan kesimpulan faktor internal yang memengaruhi kebijakan redaksional Harian Bhirawa adalah level organisasi media, sementara dari faktor eksternalnya lebih banyak ditentukan oleh faktor untuk menjaga pangsa pasar/pelanggan Harian Bhirawa yakni birokrasi-pemerintahan.

Published
2022-04-30