KAJIAN RISIKO ERGONOMI PADA KULI ANGKUT PASAR AGROBISNIS PLAOSAN MAGETAN

  • Aloysius Tommy Hendrawan Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Madiun
  • Aan Zainal Muttaqin Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Madiun
  • Andry Eka Wahyu Febrianto Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Madiun
Keywords: Risiko Ergonomi; Kuli Angkut; Pasar Agrobisnis Plaosan; Aculife.

Abstract

Kuli angkut di pasar sayur tradisional dalam pekerjaaannya selalu menerima beban fisik yang terlalu berat pada saat mengangkat beban, dan hal ini dapat menimbulkan risiko ergonomi bagi mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mencari hubungan antara umur kuli angkut, kapasitas angkat, frekuensi angkat, jarak manual handling, dan durasi kerja dengan risiko ergonomi pada kuli angkut Pasar Agrobisnis Plaosan Magetan, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan risiko ergonomi pada kuli angkut di Pasar Agrobisnis Plaosan Sarangan, Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan rancangan crossectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah kuli angkut Pasar Agrobisnis Plaosan Magetan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, timbangan injak, rollmeter, Nordic Body Map (NBM­) dan alat Aculife. Data penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara, NBM, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji statistik korelasi Pearson dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa variabel yang berhubungan dengan risiko ergonomi adalah umur kuli angkut, kapasitas angkat, frekuensi angkat, jarak manual handling dan durasi  kerja. Oleh karena itu sebaiknya para kuli angkut mengetahui batasan beban angkut mereka, paham tentang teknik lifting yang benar serta lebih peduli terhadap kesehatan dan keselamatan kerja mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanto O, Prasetyo FA, Ramadhani MFK. (2019). Manual Material Handling In The ‘Karung’ Lifting Process Using Biomechanic And Physiologi Approach. J Penelit Saintek. 24(1):32–8.

Benynda, Tika. (2016). Hubungan Cara Kerja Angkat Angkut Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Porter di Pasar Tanah Abang Blok A Jakarta Pusat tahun 2016. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Bukhori, Endang. (2010). Hubungan Fakto Risiko Pekerjaan Dengan Terjadinya Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Tukang Angkut Beban Penambang Emas Di Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Tahun 2010. [Skripsi]. Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarief Hidayatullah, Jakarta.

Cahyawati AN. (2018). Analisis Manual Material Handling Pada Pengangkatan Batu Bata Dengan Metode Lifting Index. Semin Nas Teknol dan Rekayasa. 125–30.

Dewi, B. M. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Dengan Kelelahan Kerja. Indones J Occup Saf Heal, 7(1), 20.

Dewi, N. F. (2020). Identifikasi Risiko Ergonomi Dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Perawat Poli RS X. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 125–134.

Eko Nurmianto. (2003). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Fox RR, Lu ML, Occhipinti E, Jaeger M. (2019). Understanding Outcome Metrics Of The Revised NIOSH Lifting Equation. Appl Ergon [Internet]. 2019;81:102897. Available from: https://doi.org/10.1016/j.apergo.102897

Hanifa E, Koesmayadi D, Susanti Y. (2020). Hubungan Beban Kerja Fisik Dengan Kejadian Low Back Pain (LBP) Pada Kuli Panggul Beras Di Pasar Induk Gedebage. J Integr Kesehat Sains. 2(2):122–5.

Hartvigsen J, Hancock MJ, Kongsted A, Louw Q, Ferreira ML, Genevay S, et al. (2018). What Low Back Pain Is And Why We Need To Pay Attention. Lancet. 391(10137):2356–67.

Hendrawan, AT, Lilis KR. (2018). Desain Pekerjaan Pada Industri Sepatu Dengan Metode MOST Dan Simulasi Manufaktur. Jurnal Kaizen : Management Systems & Industrial E:ngineering Journal. 1(1):21-29.

Masliah. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Manual Handling Di Pelabuhan Makassar. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar.

Mayangsari DP, Sunardi S, Tranggono T. (2020). Analisis Risiko Ergonomi Pada Pekerjaan Mengangkat Di Bagian Gudang Bahan Baku PT.AAP Dengan Metode NIOSH Lifting Equation. Juminten. 1(3):91–103.

Mustamu, R, F Y Rumlawang, Y A Lesnussa. (2015). Aplikasi Korelasi Spearman Untuk Menganalisis Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Berdasarkan Gender (Studi Kasus : Dinas Perhubungan Kota Ambon). Al-Kwarishmi : Jurnal Pendidikan Matematika & IPA. 3(1):83-92.

Pheasant, Stephen. (1991). Ergonomics At Work And Health. USA : Aspen Publishers.

Rahayu, Winda A. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Pekerja Angkat-Angkut Industri Pemecahan Batu Di Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang.

Raraswati V, Sugiarto, Yenni M. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Angkat Angkut Di Pasar Angso Duo Jambi. J Healthc Technol Med [Internet]. 6(1):441–8.

Raya RI, Yunus M, Adi S. (2019). Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dan Masa Kerja dengan Prevalensi dan Tingkatan Low Back Pain pada Pekerja Kuli Angkut Pasir. Sport Sci Heal. 1(2):102–9.

Risdianti D. (2018). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Kuli Panggul Perempuan Di Pasar Legi Surakarta [Skripsi]. Fak Ilmu Kesehat Univ Muhammadiyah Surakarta.

Sang, Asni, dkk. (2013). Hubungan Risiko Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pemanen Kelapa Sawit Di PT. Sinergi Perkebunan Nusantara. Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS, Makassar. 2013.

Sembiring, E. A. (2019). Pengaruh Metode Pencatatan Persediaan Dengan Sistem Periodik Dan Perpetual Berbasis SIA Terhadap Stock Opname Pada Perusahaan Dagang Di PT Jasum Jaya. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69–77.

Setyawan, H, Aloysius TH, Erny U. (2022). Analisis Postur Kerja Pada Petani Padi Dengan Metode REBA Untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Di Desa Sugihrejo Magetan. SETUP : Jurnal Keilmuan Teknik. 1(1):74-83.

Sudayasa, IP, I MII, Widjaya MP. (2017). Correlation Biomechanical Method of Manual Material Handling With Low Back Pain. Pros Semin Nas dan Int. 1(1):27–30.

Tanderi E, Kusuma T, Hendrianingtyas M. (2017). Hubungan Kemampuan Fungsional Dan Derajat Nyeri Pada Pasien Low Back Pain Mekanik Di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Kariadi Semarang. J Kedokt Diponegoro. 6(1):63–72.http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/download/710/324

Tarwaka, dkk. (2004). Ergonomi Untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.

Zhang Y, Ke J, Wu X, Luo X. (2020). A Biomechanical Waist Comfort Model For Manual Material Lifting. Int J Environ Res Public Health. 17(16):1–18.
Published
2023-10-31
How to Cite
Hendrawan, A., Muttaqin, A., & Febrianto, A. (2023). KAJIAN RISIKO ERGONOMI PADA KULI ANGKUT PASAR AGROBISNIS PLAOSAN MAGETAN. Heuristic, 20(2), 127-136. https://doi.org/10.30996/heuristic.v20i2.10152
Section
Articles