LABORATORIUM CNC BERBASIS SIMULASI SOLUSI CERDAS AKAN KEBUTUHAN LABORATORIUM BAGI SMK PINGGIRAN YANG BERKETERBATASAN FINANSIAL
Abstract
Pendidikan dengan tingkat ketrampilan yang tinggi menjadi ciri utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Oleh karena itu keberadaan laboratorium sangat mutlak. Namun bagi SMK pinggiran dengan jurusan Mesin Perkakas yang berketerbatasan finansial, pengadaan laboratorium sangat memberatkan. Ratusan juta harus disediakan hanya untuk membeli mesin CNC. Simulator CNC adalah program simulasi komputer mesin CNC yang berkualitas tinggi. Dari aspek keuangan, simulator ini harganya sangat murah namun dalam hal kemampuannya jauh melebihi syarat minimal kebutuhan SMK. Sebagai media pembelajaran, penggunaan simulator CNC memberikan kelebihan dibanding dengan penggunaan mesin CNC. Dengan menggunakan analisa skala Likert untuk data kualitatif akhirnya dapat diketahui bahwa secara meyakinkan guru dan siswa mengaku puas dan bisa menerima simulator CNC dipakai sebagai media pembelajaran di laboratorium. Sementara itu dengan uji kesamaan µ diketahui bahwa dengan simulator CNC mampu menaikan prestasi akademik (nilai tes) sebesar 30% untuk siswa dan 13.3% untuk guru. Dan dari aspek keuangan ternyata penggunaan simulator CNC mampu menekan biaya operasional laboratorium sebesar 95.8%. Kata kunci: laboratorium, simulator CNC, SMK pinggiran, keterbatasan finansialDownloads
References
Asmungi dan G. Kusnanto. 2016. Menyiasati Ketimpangan di Bidang Permesinan
CNC Antara Dunia Pendidikan dan Dunia Industri. Jurnal Teknik
Industri Heuristic.13(2): 30-38.
Bowker A. H. dan G. J. Lieberman. 1972. Engineering Statistics, New rrgJersey:
Prentice-Hall Inc.
Darma, K. B. S. 2014. Perkembangan Mesin CNC di Dunia Industri, tugas akhir,
Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja https://www.academia.edu/
/PERKEM-BANGAN_ME-SIN_CNC_d_dunia_industri. 10 September
(14:12).
Djojonegoro W. 1999. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Balai Pustaka.
GSK Equipment ltd. 2006. GSK CNC Equipment Guide, Ghuangzou.
Heru. 2010. Arti dan Tujuan Praktikum. http://heru-id.blogspot.co.id/2010/01/arti-dantujuan-praktikum.html.
Januari 2016 (12:20).
Likert dan Rensis. 1932. A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of
Psychology.
Matsusita. 2008. Mitsubishi Based CNC Programming. Tokyo.
Plimbi, 2013. Berapa Watt-kah Kebutuhan Daya Listrik Komputer Anda?. http://www.
plimbi. com/article/28491/daya-listrik-komputer-berapa-watt-kebutuhan. 24
Januari 2016 (12:25)
Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran, cetakan ke tujuh, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Setiawan E. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/praktikum, 24
Januari 2016 (12:50).
Wuensch dan L. Karl. 2005. What is a Likert Scale? And How Do You Pronounce
'Likert?. East Carolina University.
Authors who publish with Heuristic agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)