PERBANDINGAN APLIKASI METODE CROSS ENTROPY DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA SUPPORT VECTOR MACHINE

  • Herlina Herlina
  • Dwi Yuli Rakhmawati

Abstract

Support Vector Machine (SVM) merupakan salah satu metode klasifikasi yang banyak digunakan oleh para ilmuwan karena memiliki keunggulan dalam menemukan solusi yang bersifat global optimal. Pada penelitian ini, metode Cross Entropy (CE) dan Particle Swarm Optimization (PSO) akan diterapkan pada SVM untuk permasalahan klasifikasi dua kelas (binary class classification). Metode CE dan PSO akan digunakan untuk menemukan solusi optimal dari dual SVM. Dengan diterapkannya metode CE dan PSO pada SVM, akan mempersingkat waktu komputasi jika dibandingkan dengan metode SVM standar dengan tetap mempertahankan tingkat akurasinya tetap terjaga dengan baik. Uji coba metode CE-SVM dan PSO-SVM akan diterapkan dengan mengambil dataset dari permasalahan nyata yang diambil dari UCI repository, yaitu Haberman’s survival dataset dan liver disorders dataset. Hasil yang didapat dari metode CE-SVM dan PSO-SVM akan dibandingkan dari segi waktu komputasi dan tingkat akurasi. PSO-SVM membutuhkan waktu komputasi yang lebih singkat dibandingkan dengan CE-SVM dan SVM standar. Kedua metode PSO-SVM dan CE-SVM memberikan tingkat akurasi yang baik dibandingkan dengan SVM standar.


Kata kunci: Cross Entropy, Particle Swarm Optimization, Support Vector Machine, Klasifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Han, J. dan Kamber, M., 2001, Data Mining: Concepts and Techniques, 2nd edition, Elsevier Inc., San Fransisco.

Herlina, 2012, Pemodelan Prediksi Finansial Distress Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization-Support Vector Machine, Thesis Program Magister Bidang Optimasi Sistem Industri Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Santosa, B., 2007, Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Santosa, B., 2009, Application of the Cross-Entropy Method to Dual Lagrange Support Vector Machine, Lectures Notes in Artificial, Springer.

Santosa, B. dan Willy, P. 2011, Metoda Metaheuristik Konsep dan Implementasi, Guna Widya, Surabaya.

Santosa, B., 2015, Multiclass Classification with Cross-Entropy-Support Vector Machines, The Third Information Systems International Conference, 72(2): 345-352.

Published
2018-05-09
How to Cite
Herlina, H., & Rakhmawati, D. (2018). PERBANDINGAN APLIKASI METODE CROSS ENTROPY DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA SUPPORT VECTOR MACHINE. Heuristic, 15(01). https://doi.org/10.30996/he.v15i01.1516
Section
Articles