OPTIMALISASI KESETIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI PEMBUATAN TAS DI UD. KARYA TANGGULANGIN

  • Olga Karina
  • asmungi asmungi

Abstract

Tas punggung dan tas selempang dua produk andalan UD. Karya, karena mendapat banyak pesanan sepanjang tahun. Sejauh ini perusahaan tidak mampu memenuhi semua permintaan tas. Ketidakmampuan perusahaan diduga karena lintasan produksinya tidak setimbang. Dugaan ini diperkuat dengan adanya banyak penumpukan produk setengah jadi di beberapa stasiun kerja sementara stasiun kerja lainnya sering menganggur. Dengan menggunakan metode Ranked Position Weight, dicoba untuk memperbaiki kesetimbangan lintasan produksinya. Ternyata dengan hanya dua stasiun kerja pada lintasan tas punggung efisiensi lintasannya membaik semula 32% meningkat menjadi 94% dan dengan hanya 4 stasiun pada lintasan tas selempang efisiensi lintasannya membaik semula 48% meningkatan menjadi 83%. Dengan perbaikan ini perusahaan akhirnya mampu meningkatkan kapasitas produksinya sebesar 194% untuk produksi tas punggung dan meningkat sebesar 72,9% untuk produksi tas selempang. Di sisi lain perusahaan juga mampu menekan biaya operator menganggur untuk lintasan tas punggung semula sebesar Rp. 31.277 per orang per hari menjadi Rp. 2.759 per orang per hari dan untuk lintasan tas selempang dari Rp. 23.918 per orang per hari menjadi Rp. 7.819 per orang per hari.

Kata Kunci: lintasan produksi, rangked position weight, biaya delay, efisiensi lintasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroto, T., 2002, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bedworth, D., 1982, Integrated Production Control System, New York: John Willey and Sons Inc.

Biegel, J.E., 1992, Pengendalian Produksi, Suatu Pendekatan Kuantitatif, Cetakan Pertama, Penerbit CV. Akademika Presindo, Jakarta.

Casban, Kusumah,L.H., 2016, Analisis Kesetimbangan Lintasan untuk Menciptakan Proses Produksi Pump Packaging Systems yang Efisien di PT. Bumi Cahaya Unggul, Prosiding Seminar Nasional Sain dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Gasperz, V., 2004, Production Planning And Inventory Control, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Groover, Mikell P., 2001, Automation Production System, and ComputerIntegrated Manufacturing, 2nd ed., Prentice Hall, New Jersey.

Kusuma, H., 2001, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Andi.

Setyawan, D., S. Soegiharto, J. Agus, 2012, Perbaikan Sistem Produksi Dengan Metode Line Balancing Pada Perusahaan Pembuat Mesin Pertanian PT Agrindo Di Gresik. Calyptra. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,1(1): 1-17.

Sukanto, R., 1997, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi pertama, cetakan ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Wild, R., 1989, Production And Operation Management : Principles and Techniques, fourth edition, British, cassel education Limited.

Published
2019-03-04
How to Cite
Karina, O., & asmungi, asmungi. (2019). OPTIMALISASI KESETIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI PEMBUATAN TAS DI UD. KARYA TANGGULANGIN. Heuristic, 15(02). https://doi.org/10.30996/he.v15i02.2137
Section
Articles