PENELUSURAN SUMBER PENYEBAB KECACATAN PRODUK KEMASAN FLEKSIBEL DI PT. XYZ

  • Yohana Waladow

Abstract

Produk kemasan fleksibel diproses secara kontinyu dengan mesin roll. Satu gulung/roll kemasan fleksibel bisa mencapai ribuan meter panjangnya. Proses berlangsung dengan cepat sehingga ketika muncul produk cacat  operator sulit untuk mengamatinya. Akhirnya seringkali dijumpai produk yang telah dikirim ke konsumen ternyata banyak yang cacat.  Dengan pendekatan FMEA, penelitian ini mencoba menggali faktor penyebab terjadinya produk cacat. Ternyata ada dua macam kecacatan yang sering muncul, yaitu pertama, cacat color off. Kecacatan ini disebabkan oleh doctor blade terlalu tajam yang dapat  mengikis silinder sehingga ukuran silinder tidak sesuai lagi.  Di sisi lain ternyata operator kurang memiliki ketrampilan dan pengalaman yang cukup untuk mengetahui perubahan posisi doctor blade. Kedua, cacat miss-match, penyebab kecacatan ini adalah  operator kurang pengalaman, tidak menggunakan tinta yang baku, penggunaan tinta sisa ex-printing, alat uji kualitas tinta tidak ada dan SDM pengontrol kualitas tinta tidak tersedia.

Kata Kunci: kemasan fkeksibel, percetakan, FMEA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguiar, D. M., 2014, An ISO 9001 Based Approach for The Implementation of Process FMEA in The Brazillian Automotive Industry . Emerald Insight, 32 (6): 589-602.

Hanif, R. R., 2015, Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT X Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Reka Integra, 03(3): 137-147.

Matsumoto, K., 1999, Basic Guide to Laminating Technology. Japan: Converting Technical Institute Publishing.

Mayangsari, D. A., 2015, Usulan Pengendalian Produk Isolator Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). 03(2): 81-91.

Octavia, L., 2010, Aplikasi Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Pengendalian Kualitas Pada Proses Heat Treatment PT Mitsuba Indonesia. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Puspitasari, N. d., 2014, Penggunaan FMEA Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung ATM (Alat Tenun Mesin) Studi Kasus PT Asputex Jaya Tegal. Jati Undip, 09(2): 93-98.

Tannady, H., 2015, Pengendalian Kualitas. Jakarta: Graha Ilmu.

Wikipedia, 2017, Rotogravure, https://id.wikipedia.org/wiki/Rotogravure. diakses 25 Desember 2017.

Stamatis, D. H., 2003, Failure Mode Effect Analysis: FMEA From Theory to Execution, ASQ Quality Press

How to Cite
Waladow, Y. (1). PENELUSURAN SUMBER PENYEBAB KECACATAN PRODUK KEMASAN FLEKSIBEL DI PT. XYZ. Heuristic, 16(1). https://doi.org/10.30996/he.v16i1.2474
Section
Articles