PENINGKATAN WAKTU REAKSI PADA PROSES PRODUKSI PRODUK ACRYDIC 5000X DENGAN KONSEP PDCA

  • Nur Fadilah Fatma Prodi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Henri Ponda Prodi Tekni Industri, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Muhammad Roy Prodi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

PT. PJC merupakan perusahaan manufaktur yang berlokasi di Daerah Tangerang. Perusahaan ini memproduksi Acrydic 5000X. Dimana dalam pembuatan produk tersebut perusahaan memiliki target penghematan dari segi waktu maupun biaya. Untuk mencapai target tersebut perusahaan selalu melakukan evaluasi salah satunya terkait proses produksi apakah sudah berjalan secara efektif dan efisien. Siklus PDCA merupakan salah satu konsep yang digunakan untuk memperbaiki proses dan memberikan solusi peningkatan standar proses internal perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas. Penelitian ini dilakukan pada PT. PJC di bagian Lab dengan menganalisa keefektifan dan pemborosan pada reaksi proses produksi Acrydic 5000X. Dari penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan beberapa akar masalah dan sudah di tetapkan beberapa solusi untuk menanggulangi masalah ketidak efektifan dan pemborosan reaksi proses produk Acrydic 5000X. Di akhir penelitian juga disebutkan bahwa berhasil mendapatkan penghematan waktu selama 5 – 7 jam serta menurunkan biaya sekitar Rp 200,000 dibagian Laboratorium.

Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Kaizen, PDCA, 5 Why, Continuous Improvement

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darsono, 2013, Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk, Jurnal Ekonomi–Manajemen–Akuntansi No. 35 / Th.XX / Oktober 2013 ISSN:0853-8778.

Fatkhurrohman, Arief dan Subawa, 2016, Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1): 14 – 31.

Fauza, Q., dan Angga Prawira Kautsar. 2018. Review Artikel: Plan-Do-Check-Act (Pdca) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Farmaka 16 (3): 234 – 243

Ilham, M. N., 2012, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC), Skripsi, Pada PT. Bosowa Media Grafika,.

Paramita P.D. 2012. Penerapan Kaizen Dalam Perusahaan. Jurnal Manajemen, hal 1-11.

Puspita D., Ariani, 2013, Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan P.D.C.A. (Plan-Do-Check-Act) Berdasarkan Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit Pada Rsud Dr. Adhyatma Semarang, http://ejournals1.undip.ac.id,/Index.Php, Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal. 1-12.

Schneider, P.D. 1997. FOCUS PDCA ensures continuous qualityimprovement in the outpatient setting. Oncol Nurs Forum. Chinese Medical Journal, 128(18): 966.

Vissers, J.M.H., Bertrand, J.W.M., and De Vries, G. 2001. A Framework for Productioncontrol in Health Care Organizations. Prod Plan Control, 12: 591–604.

Waring, T. and Wainwright, D. 2002. Communicating the complexity of computer-integrated operations. An innovative use of process modelling in a North East hospital Trust. Int J Operation Product Manage, 22: 394–41.

Published
2019-04-21
How to Cite
Fatma, N., Ponda, H., & Roy, M. (2019). PENINGKATAN WAKTU REAKSI PADA PROSES PRODUKSI PRODUK ACRYDIC 5000X DENGAN KONSEP PDCA. Heuristic, 16(1). https://doi.org/10.30996/he.v16i1.2484
Section
Articles