OPTIMASI PENJADWALAN PRODUKSI SAOS DENGAN METODE CDS DI PT HIMALAYA MITRA SUKSES

  • Nurul Hidayatul Isnaini Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moch. Anshori Universitas Maarif Hasyim Latif
Keywords: Campbell Dudek And Smith (Cds), Makespan, Software Winqsb

Abstract

Penjadwalan produksi merupakan kegiatan pengorganisasian, pemilihan serta penentuan waktu dalam penggunaan SDA yang tersedia dengan tujuan menghasilkan output yang sesuai dengan target dan dalam waktu yang di tentukkan juga. Penjadwalan produksi juga merupakan proses penting dalam sistem produksi. Penjadwalan produksi saus yang dilakukan di PT Himalaya Mitra Sukses saat ini adalah dengan perhitungan manual. Dari penjadwalan tersebut permasalahan yang terjadi di PT Himalaya Mitra Sukses adalah ketidak optimalan dalam penggunaan waktu dan SDA yang tersedia. Solusi perbaikan penjadwalan produksi saos di PT Himalaya Mitra Sukses diusulkan dengan melakukan penjadwalan produksi saus dengan menggunakan metode Campbell, Dudek And Smith (CDS) dengan software WinQSB. Tujuannya perbaikan pada penjadwalan produksi saus adalah untuk mendapatkan Makespan yang optimal dibanding dengan penjadwalan produksi yang dilakukan perusahaan saat ini. Penjadwalan produksi dilakukan pada 5 produk saus dengan 9 mesin yang memiliki urutan proses yang sama. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode CDS total makespan yang diperoleh sebesar 16635 menit dengan urutan job 5-4-2-3-1. Sedangkan hasil penjadwalan manual yang dilakukan perusahaan nilai makespan yang diperoleh adalah sebesar 17333 menit dengan urutan job 5-4-3-2-1. Dari hasil tersebut diperoleh nilai makespan yang optimal dari penjadwalan produksi yang dilakukan dengan menggunakan metode CDS. Dengan demikian perusahaan dapat menghemat waktu sebesar 698 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adianto, A., & Miharja, R. (2019). USULAN PENJADWALAN PRODUKSI BENANG MENGGUNAKAN METODE NEH DAN METODE ALGORITMA JOHNSON UNTUK MEMINIMASI WAKTU PRODUKSI DI PT. LAKSANA KURNIA MANDIRI SEJATI. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(3).

Endang, R. (2018). ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE EARLIEST DUE DATE (EDD) PADA CV. ROOKIE INDUSTRIES BANDUNG. PERPUSTAKAAN.

Fudhla, A. F., Juniani, A. I., & Windyaningrum, L. (2017). Pengembangan Metode Activity Based Time Study untuk Sistem Produksi Engineering To Order (ETO) Dengan Tipe Aliran Job Shop.

Khannan, M. S. A. (2013). Penjadwalan Job Shop Manufacturing untuk Meminimalkan Makespan.

Lesmana, N. I. (2016). Penjadwalan Produksi Untuk Meminimalkan Waktu Produksi Dengan Menggunakan Metode Branch And Bound. Jurnal Teknik Industri, 17(1), 42–50.

Rosyad, A. S. (2017). Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Algoritma Simulated Annealing untuk Menurunkan Makespan pada Penjadwalan Produksi (Studi Kasus: PT. Malindo Intitama Raya). University of Muhammadiyah Malang.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tagawa, S. (1996). A new concept of job shop scheduling system—hierarchical decision model. International Journal of Production Economics, 44(1–2), 17–26.

Published
2020-10-31
How to Cite
Isnaini, N., & Anshori, M. (2020). OPTIMASI PENJADWALAN PRODUKSI SAOS DENGAN METODE CDS DI PT HIMALAYA MITRA SUKSES. Heuristic, 17(2), 67-74. https://doi.org/10.30996/heuristic.v17i2.4646
Section
Articles