PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK

  • Yudi Syahrullah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
  • Yunia Ayu Lestari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Manajemen Kinerja, Baldrige Excellence Framework

Abstract

Kinerja sebuah perusahaan didukung oleh kinerja para pekerja dari berbagai departemen dan level pekerjaan pada perusahaan tersebut. Sehingga kinerja yang optimal dari pekerja akan membantu perusahaan mencapai target – target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja organisasi berdasarkan penilaian kinerja individu secara komprehensif dari berbagai kriteria. Baldrige excellence framework merupakan metode yang menggunakan berbagai kriteria yang dapat mengukur mulai dari input, proses dan output dari setiap pekerjanya. PT. SAE telah mengukur kinerja perusahaan, tetapi belum dilakukan secara menyeluruh, sehingga hasil pengukuran belum mendeskripsikan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja PT.SAE dengan menggunakan metode Baldrige Excellence Framework yang dilakukan dengan melibatkan berbagai departemen dan berbagai level pekerjaan. Kuisioner dengan menggunakan kriteria Baldrige Excellence Framework disebarkan kepada 69 karyawan PT.SAE. Hasil kuisioner tersebut menyatakan bahwa perusahaan mencapai nilai 733 dan masuk kategori Industry leader. Namun dari hasil penilaian tersebut, perusahaan masih perlu memperbaiki kriteria Fokus pelanggan yang memiliki persentase pencapaian terendah, yaitu 52%. Oleh karena itu, perusahaan masih perlu meningkatkan fokus terhadap pelanggan, salah satunya dengan mengimplementasikan sistem manajemen kualitas internasional ISO 9001:2015 secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alda, Tania. 2018.”Pengembangan Model Berbasis Kriteria Baldrige Excellent Framework Sebagai Alat Ukur KinerjaPerusahaan di PT. Tales Sawit”. Fakultas Teknik, Universitas Sumatra Utara, Sumatra Utara.

Devani, Vera dan Ade Setiawarnan. 2015. Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 13, No. 1. ISSN 1693-2390 print / ISSN 2407-0939 online.

Jones, M.R. 2014. Identifying Critical Factors That Predict Quality Management Program Success: Data Mining Analysis of Baldrige Award data. The Sunyata Group and Saybrook University. ASQ

Muhammad, Yusuf. 2017. Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Baldrige Excellent Framework (BEF) Di Rumah Sakit Daerah Kudugga Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Tesis.Magister Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar.

National Institute of Standards and Technology (NIST). 2015. Baldrige Excellence Framework: A System Approach to Improving Your Organization’s Performance: United States Department of Commerce.

Sadikin, Iskandar. 2009. Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). Bandung: Lembayung Center Indonesia.

Sundari, Sri. 2017. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Wawasan Tujuan Organisasi. Proceeding National Conference on Applied Business. ISBN 978-602-19568-8-5: Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Syahrullah, Yudi dan Febriani, Atik. 2018. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Implementasi ISO 9001: 2015 dengan Menggunakan Pendekatan Servqual (Studi Kasus: Institut Teknologi Telkom Purwokerto). Journal of Industrial Engineering and Management Systems Vol 11 No 2.

Tippe, Syarifudin. 2013. Kinerja Perusahaan PT. Baramulti Sukses Sarana Dengan Menggunakan Teknologi Pengukuran Malcolm Baldrige Dalam Rangka Penyesuaian di Perusahaan Batubara yang Berkelas Dunia di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi Edisi 28.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja:Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Published
2021-04-30
How to Cite
Syahrullah, Y., & Lestari, Y. (2021). PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK. Heuristic, 18(1), 31-42. https://doi.org/10.30996/heuristic.v18i1.5327
Section
Articles