MODEL KEBIJAKAN CIRCULAR ECONOMY LIMBAH UDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

  • Prihono Prihono Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indra Dwi Febriyanto Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suning Suning Prasarana Wilayah Kota Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Circular Economy; limbah udang; Fuzzy Logic

Abstract

Pengembangan wilayah pesisir sangat diperlukan agar stigma bahwa pesisir selalu identik dengan lingkungan yang berbau busuk, saluran air atau drainase tersumbat dan banyak lalat bisa dihilangkan. Hal itu terjadi dikarenakan bahwa adanya sampah yang berasal dari limbah tangkapan para nelayan. Melihat kondisi eksisting limbah udang yang belum termanfaatkan khususnya di Kawasan Pesisir Desa Bulak Banteng Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya, maka dibutuhkan suatu usaha pencegahan pencemaran lingkungan yang menimbulkan dampak resiko lingkungan tinggi, dengan menerapkan konsep circular economy dari limbah udang dengan tujuan untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dalam upaya untuk mengurangi limbah udang dan memanfaatkannya untuk menambah perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan fuzzy logic sebagai penyusun model kebijakannya. Serta untuk mendapatkan arah kebijakan dalam penerapan Circular Economy limbah udang. Dimana pada aspek ekonomi, skala prioritas untuk segera dilakukan penanganan yaitu memberikan inovasi olahan udang, terlebih lagi untuk olahan limbah udang. Adapun untuk aspek lingkungan, yang segera dilakukan adalah upaya-upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga upaya yang bisa dilakukan adalah pemberian peyuluhan-penyuluhan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat pesisir. Adapun untuk aspek sosial budaya yang bisa diusahakan pemerintah adalah mengusahakan industri pengolahan udang, terlebih untuk olahan-olahan limbah udang yang bisa diolah menjadi kitosan dan turunannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bevilacqua, M. Ciarapica, F, E. dan Giacchetta, G. (2006). “A Fuzzy-QFD Approach to Supplier Selection”. Journal of Purchasing & Supply Management,Vol.12, Pages 14-27.
Ciptomulyono, U. (1996), “Model Fuzzy Goal Programming untuk Perencanaan Produksi Terpadu”, IPTEK, Vol. Nopember, Hal : 116-127.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah Direktorak Penataan Ruang (2003), Pedoman Penyusunan Tata Ruang, PT. Mediatama Saptakarya, Jakarta.
Ellen Mac Artur Foundation (2013), Towards The Circular Economy, Journal of Industrial Ecology, 2, 23-44.
Kusumadewi, S. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Manjang Y. (2013), “Analisa Ekstrak Berbagai Jenis Udang Terhadap Mutu Khitosan”, Jurnal Penelitian Andalas, 12(5), Pages.138-143.
Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah (2003). Tinjauan Aspek Penataan Ruang Dalam Pengelolaan Wilayah Laut Dan Pesisir. In Seminar Umum Dies Natalies ITS Ke (Vol. 43).
Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonsia Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah.
Prihono, Suprano, Pratiwi S.G. (2011), “Desain Layanan Kendaraan Umum untuk Wanita Berbasis Fuzzy-Kano Quality Function Deployment (QFD)”, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV, Program Studi MMT-ITS, Jurusan Teknik Industri ITS, Surabaya 23 Juli 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.
Zadeh (1965), Fuzzy Sets, Journal Information and Control, 8, 338-353.
Published
2022-04-30
How to Cite
Prihono, P., Febriyanto, I., & Suning, S. (2022). MODEL KEBIJAKAN CIRCULAR ECONOMY LIMBAH UDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Heuristic, 19(1), 11-22. https://doi.org/10.30996/heuristic.v19i1.6566
Section
Articles