USULAN PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DALAM MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI BAN MOTOR PADA INDUSTRI PEMBUAT BAN

  • Henri Ponda Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fadilah Fatma Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Itok Siswantoro Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Ban; Fishbone Diagram; Lean Manufacturing; Pemborosan; Value Stream Mapping (VSM)

Abstract

Industri komponen otomotif yang bergerak di bidang manufaktur ban sepeda motor di Daerah Tangerang harus memenuhi kebutuhan akan permintaan produk ban sepeda motor, oleh karena itu agar mampu memenuhi permintaan tersebut proses produksi diharapkan cepat dalam menghasilkan produk ban. Pada aliran produksi pembuatan ban luar sepeda motor terdapat beberapa pemborosan (waste) activity yang tidak memberikan nilai tambah yang dapat menghambat memenuhi permintaan pelanggan. Demi menurunkan pemborosan (waste), maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Lean Manufacturing dengan metode Value Stream Mapping (VSM) dan Diagram fishbone. Berdasarkan data yang dikumpulkan diperoleh total activity delay pada section booking mencapai 2533 detik, section venting 468 detik, dan penyemprotan silicon mencapai 1080 detik. Maka dibuatlah usulan perbaikan untuk menghilangkan waste dengan menggunakan conveyor dan merubah tata letak section yang ada sehingga activity delay dapat dihilangkan. Lead time proses produksi juga lebih efisien dari yang semula sebesar 9820 detik menjadi 5761 detik atau 41,018 %, dan perbaikan persentase Value added ratio dari awalnya 56,71 % menjadi 96,67 %.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buntarto. (2015). Sistem Ban Dan Roda. Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS Damanik, Rahman. H., Afma, Methalina. V., dan Siboro Haulian, Anna. (2017).
Analisa Pendekatan Lean Manufacturing Dengan Metode Vsm (Value Stream Mapping) Untuk Mengurangi Pemborosan Waktu (Studi Kasus Ud. Almaida). Profisiensi. Vol. 5 No. 1, hal 1-6.
Gaspers, V. (2007). Lean Six Sigma. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Hartini, S., dan Saptadi, S., dan Kadarina, N. (2009). Pengendalian Lantai Pabrik Dengan Load Oriented Manufacturing Control Pada Industri Mebel (Studi Kasus PT “X”). Vol. 30, No. 1, Hal. 38-44.
Hafiz, Abdurrahman, A. (2019). Analisis Pemborosan Pada Aliran Produksi Tablet Effervescent Dengan Tool Value Stream Mapping Pada PT XYZ (Studi Kasus : PT. XYZ). Industrial Engineering Online Journal. Vol 8, No 1
Hazmi, Widyan, F., dan Karningsih, Dana, P., Supriyanto, H. (2012). Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mereduksi waste di PT ARISU. Jurnal Teknik ITS. Vol. 1, No. 1, hal. 135-140.
Hidayat, R., dan Tama, Pambudi, I.,Efranto, Yanuar. (2014) R.Penerapan Lean Manufacturing Dengan Metode Vsm Dan Fmea Untuk Mengurangi Waste Pada Produk Plywood (Studi Kasus Dept. Produksi PT Kutai Timber Indonesia). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri. Vol. 2, No.5 Hal. 1032-1043.
Jakfar, A., dan Setiawan, Eko,W., Masudin I. (2014). Pengurangan waste menggunakan pendekatan lean manufacturing. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 1. Hal. 43-53.
Khannan, Abdul, M.,S., dan Haryono. (2015). Analisis Penerapan Lean Manufacturing untuk Menghilangkan Pemborosan di Lini Produksi PT. Adi Satria Abadi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri Vol. 4, No. 1,Hal. 47-53.
Liker, J. (2004). The Toyota Way. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mike, R. (1999). Learning to See: Value Stream Mapping to Add Value and Eliminate MUDA 1st Edition.
Muhammad, dan Yadrifil. (2018). Implementation of Lean Manufacturing System To Eliminate Wastes on The Production Process of Line Assembling Electronic Car Components With WRM And VSM Method Case Study In Production Process of Daihatsu SIGRA Type 1.5 L 3NR- Ve, DOHC Dual VVT-i]. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Bandung, Indonesia. Hal. 265-281
Ristyowati, T., dan Muhsin, A., dan Nurani. Puji, P. (2017). Minimasi Waste Pada Aktivitas Proses Produksi Dengan Konsep Lean Manufacturing (Studi Kasus di PT. Sport Glove Indonesia). Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol. 10, No. 1, Hal. 85-96.
Zuniawan, A. (2020). Implementasi Value Stream Mapping Pada Manufaktur Belt Conveyor Part Untuk Mengurangi Cycle Time. Journal Industrial Servicess. Vol. 5.
Published
2022-04-30
How to Cite
Ponda, H., Fatma, N., & Siswantoro, I. (2022). USULAN PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DALAM MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI BAN MOTOR PADA INDUSTRI PEMBUAT BAN. Heuristic, 19(1), 23-42. https://doi.org/10.30996/heuristic.v19i1.6568
Section
Articles