PENERAPAN LINE BALANCING METODE KILBRIDGE & WESTER DAN RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) DALAM PROSES ASSEMBLING UNTUK MENGURANGI BOTTLENECK PADA MODEL SEPATU FORUM MID DI PT PANARUB INDUSTRI

  • Henri Ponda Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fadilah Fatma Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Siti Nur’aini Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: : Bottleneck; Line Balancing; Kilbridge & Wester; Ranked Positional Weight; Idle Time; Balanced Delay; Smoothness Index

Abstract

PT Panarub Industry merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri sepatu, terutama dalam pembuatan sepatu dengan merek Adidas. Salah satu model sepatu yang menjadi objek penelitian ini adalah model Forum Mid, dimana dalam proses produksinya sering terjadi bottleneck pada lintasan produksi sehingga target tidak tercapai. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk menanggulangi hal tersebut sehingga target produksi dapat tercapai. Konsep Line Balancing atau keseimbangan lintasan merupakan konsep keseimbangan waktu kerja antar stasiun kerja.  Penelititan ini metode yang digunakan adalah metode Kilbridge & Wester dan RPW (Ranked positional weight). Berdasarkan hasil olah data dengan menggunakan metode Kilbirdge & Wester dan RPW diperoleh bahwa dengan metode RPW lebih efisien karena memiliki idle time terendah yakni 69,14 detik dengan nilai line efficiency sebesar 91,41% dan nilai balance delay terendah yakni 0,85% dengan nilai smoothness index 46,19, sehingga dapat mengurangi bottleneck dalam pembuatan sepatu Forum Mid.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daelima, V. D. (2013). Analisis Keseimbangan Lintasan untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi dengan Pendekatan Line Balancing dan Simulasi. Jurnal Teknik Industri, 1(2).

Dharamayanti, I., & Marliansyah, H. (2019). Perhitungan Efektifitas Lintasan Produksi Menggunakan Metode Line Balancing. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 3(1).

Ginting, R. (2007). Sistem Produksi (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gitosudarmo. (2002). Manajemen Operasi (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.

Herdiani, L., & Nurcahyo, R. S. (2018). Line Balancing untuk Tercapainya Efisiensi Kerja Optimal pada Stasiun Kerja. Bandung: Universitas Langlangbuana.

Indrawan, Y., & Hariastuti, N. Minimalisasi Bottleneck Proses Produksi dengan Menggunakan Metode Line Balancing. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama.

Nasution, A. H. (2003). Perencanaan dan Pengendalian Produksi (1st ed.). Surabaya: Guna Widya.

Ponda, H., & Dkk. (2019). Analisa Keseimbangan Lintasan Produksi pada Pembuatan Radiator Mitsubishi PS 220 dengan Metode Ranked Positional Weight (RPW). Journal Industrial Manufacturing, 4(1).

Purnamasari, I., & Cahyana, A. (2015). Line Balancing dengan Metode Ranked Position Weight (RPW). Jurnal Spektrum Industri, 13(2).

Purnomo, H. (2004). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Render, B., & Heizer, J. (2005). Manajemen Operasi (7th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sutalaksana, I. Z., & Dkk. (1979). Teknik Tata Cara Kerja. Jurusan Teknik Industri. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wignjoyosoebroto, S. (2006). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu (1st ed.). Surabaya: Guna Widya.

Yamit, Z. (1998). Manajemen Produksi dan Operasi (1st ed.). Yogyakarta: Ekonisia.

Published
2022-10-31
How to Cite
Ponda, H., Fatma, N., & Nur’aini, S. (2022). PENERAPAN LINE BALANCING METODE KILBRIDGE & WESTER DAN RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) DALAM PROSES ASSEMBLING UNTUK MENGURANGI BOTTLENECK PADA MODEL SEPATU FORUM MID DI PT PANARUB INDUSTRI. Heuristic, 19(2), 75-100. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/HEURISTIC/article/view/7993
Section
Articles